7 Peristiwa Pemadaman Listrik Terbesar di Dunia, Salah Satunya Indonesia

Senin, 05 Agustus 2019 | 17:00
Kompas Nasional

Padamnya aliran listrik di Jakarta pada Minggu (4/8/2019)

HAI-online.com -Aliran listrik dilaporkan mati di sejumlah wilayah di PulauJawasejak sekitar pukul 12 siang pada Minggu(4/8/19) kemarin.

Peristiwa ini membuat banyak aktivitas masyarakat menjadi terhambat, dan membuatsejumlah jaringan seluler dan fasilitas umum terganggu.

Pemadaman listrik, atau yang dikenal dengan istilah blackout,berskala besar memang pernah terjadi di beberapa negara di dunia.

Kerugian yang ditimbulkan pun nggak main-main, dan berdampak sampai ratusan juta orang. Kejadian serupa ternyata juga pernah terjadi sebelumnya di Indonesia di tahun 2003.

Melansir dari Mental Floss, berikut 7 kasus pemadaman listrik terbesar di dunia dan penyebabnya:

Baca Juga: Bikin Heboh Netizen, PLN Beri Penjelasan Soal Padamnya Listrik di Wilayah Jawa

1. Amerika Serikat dan Kanadatahun 1965

Relai yangbermasalah di Stasiun Sir Adam Beck di sisi Ontario, Niagara Falls menyebabkanpemadaman listrik terbesar dalam sejarah AS.

Bermasalahnyasaluran transmisi 230 kilovolt menciptakanefek domino yang mengakibatkan gelombang kekuatan yang membanjiri saluran transmisi dan membuat Kota New York dalam kegelapan pada puncak jam sibuk.

800.000 orang dilaporkan terjebak di kereta bawah tanah.Selain New York, kelebihan daya dan shutdown sistem otomatis mempengaruhi 30 juta orang di New Jersey, Connecticut, Massachusetts, Rhode Island, New Hampshire, Vermont, Quebec, dan Ontario.

15.000petugas keamanan dipanggil untuk mencegah terjadinya penjarahan, meskipun ternyata relatif tenang dan damai.Sebagian besar listrik kembali pulihdalam waktu 13 jam.

2. Thailand tahun 1978

Ketika generator di Pembangkit Listrik Pranakhorn Selatan di Samut Prakanbermasalah, pemadaman listrik secara nasional menyebar ke seluruh Thailand.

Peristiwa itu terjadi selama lebih darisembilan jam sebelum pihak berwenang dapat memulihkan daya listrik.Pada Mei 2013, Thailand kembali mengalamipemadamanbesar,yang mengingatkanakan insiden tahun '78.

Baca Juga: PLN Alami Blackout, Ini 4 Hal yang Harus Kamu Lakuin Saat Mati Listrik

3. Badai Geomagnetik di Kanada tahun 1978

Pada 13 Maret 1989, seluruh provinsi Quebec, Kanada, mengalami pemadaman listrik yang berlangsung selama 12 jamdikarenakan matahari.

Terkadang, matahari memancarkan miliaran ton awan gas terionisasi, yang dikenal sebagai coronal mass ejection (CME).

Pada 10 Maret 1989, sebuah CME "seukuran 36 kali Bumi" dan setara dengan"energi ribuan bom nuklir yang meledak pada saat yang sama" terlepas.

Pada tanggal 12, awan gas menabrak magnetosfer Bumi dan menyebabkan Cahaya Utara bisa terlihatjauh sampai selatanseperti Texas dan Kuba.

Karena peristiwa ini,6 juta penduduk Quebecberada dalam kegelapan saat jaringan listrik provinsi padam selama 12 jam.

Baca Juga: 5 Game Offline Android yang Bisa Kamu Mainkan Saat Mati Lampu

4. Brazil bagian Selatan di tahun 1999

Pada tahun 1999, sekitar 97 juta dari 160 juta orang yang tinggal di Brasilterdampakoleh apa yang disebut sebagaipemadaman listrik terbesar saat itu.

Satu sambaran petir menghantam sebuah gardu listrik, yang kemudian mematikan Itaipu, yang merupakan pembangkit listrik terbesar di dunia.

1.200 petugas polisi militer ditempatkan di Rio untuk menghindari penjarahan, sementara terowongan kota di São Paulo ditutup untuk mencegah adanya serangan.

5. India di tahun 2001

Pemadaman listrik 12 jam yang disebabkan oleh kegagalan gardu induk Uttar Pradesh memicu jaringan utara India runtuh.

Ini mempengaruhi sekitar 226 juta orang, atau kira-kira seperempat dari populasi negara itu.Konfederasi Industri India memperkirakan bahwa kerugian dalam bisnis berjumlah sekitar $ 107,1 juta.

Baca Juga: 7 Fakta Insiden Penembakan di Texas dan Ohio, Salah Satu Pelaku Puji Pelaku Pembantaian di Selandia Baru

6.Amerika Serikat dan Kanadatahun 2003

Pemadaman listrik masih di Amerika Serikat dan Kanada bagian Timur Laut kembali terjadi di tahun 2003.

Penyebab terjadinya insiden ini baru terungkap beberapa bulan setelahnya, yaitu adanyakabel listrik tegangan tinggi di Ohio Utara menabrak pohon yang tumbuh terlalu besar dan menyebabkanlistrik padam.

50 juta orang terdampak selama 2 hari dalam pemadaman listrik terbesar sepanjang sejarah Amerika Utara ini, dan dilaporkan ada 11 orang meninggal, serta kerugian mencapai $6 triliun.

Baca Juga: Viral Buah Nangka di Amerika yang Dipotong Kayak Buah Melon

7. Jawa dan Bali, Indonesia di tahun 2005

Pada 18 Agustus tahun 2005, terjadi kegagalan saluran transmisi 500 kilovolt antara Cilegon dan Saguling di Jawa Barat yang menyebabkan pemadaman 5.000 megawatt secara masif.

Kejadian tersebut terjadi tanpa peringatan sebelumnya dan berdampai pada sekitar 100 juta masyarakat selama hampir 11 jam lamanya.

Editor : Fadli Adzani

Sumber : Mental Floss

Baca Lainnya