Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman yang Nggak Baik Dimakan Pas Sahur

Jumat, 10 Mei 2019 | 02:35
Pixabay/RitaE

Ilustrasi makanan pedas

HAI-online.com -Sahuradalah cara yang dilakukan umat Islam untuk memasok energi sebelum mulai menjalankan ibadah puasa.

Pemilihan jenismakanandan minuman tentu penting untuk dipertimbangkan supaya puasa bisa optimal.

Menurut wakil dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Universiti Teknologi MARA, Malaysia, Dr Norazmir Md Nor yang dikutip dari mStar, ada lima tips asupanmakanan yang sebaiknya dihindariuntuk dikonsumsi saat sahur.

"Jika kita menyukai sesuatu, kita nggakharus memakannyasaat bulan ramadhan," katanya. "Nggakada makanan yang buruk, tapi kita perlu memerhatikan kebutuhan asupan kesehatan."

Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang disarankan sebaiknyanggak dikonsumsisaat sahur.

Baca Juga : Fotografer Ini Sukses Bikin 7 Makanan Manis Lebih Menggiurkan

1. Makanan asin

Kurangi asupan makan asin yang mengandung garam terlalu tinggi seperti keripik, makanan kering yang mengandung rasa asin, kecap, dan saus, karena kandungan natrium tinggi di dalamnya.

Jika asupan garam tinggi, tubuh akan menyerap natrium dengan demikian akan memicu sinyal kekurangan cairan di otak, dan memunculkan rasa haus.

2. Nasi dan roti

Nasi dan roti merupakan makanan padat yang sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, merupakan pilihan utama ketika perut lapar.

Asupan nasi putihnggak dilarang, tapi sebaiknya dikonsumsi dalam jumlah yang ideal karena mudah dicerna dan menyebabkan lebih cepat kehabisan energi daripada mengonsumsi gandum. Ketika pasokan energi sudah makin rendah,tentu akan semakin lapar.

Baca Juga : Tips Memilih Makanan yang Bikin Badan Tetap Segar Saat Puasa, Eh Untuk Berbuka Ya!

3. Makanan pedas

Kurangi makanan pedas karena bisa menyebabkan sakit perut dan membuat perut terasanggak nyaman, sering buang air kecil, atau bisajuga menyebabkan dehidrasi.

Jikanggak bisa meninggalkan makanan pedas, seenggaknya makan makanan yangnggak terlalu pedas.

4. Minuman berkafein

Bagi penggemar kopi, sebaiknya kurangi jumlahkonsumsinya.Cukup minum segelas kopi atau ganti dengan minuman lain seperti teh.

Karena minuman ini bersifat diuretik, yang membuattubuhmencerna lebih cepat dan menyebabkan kehilangan banyak cairan, juga menyebabkan sering buang air kecil. Ketika kadar air dalam tubuh kurang, tubuh akan mengalami dehidrasi dan mudah lelah.

Baca Juga : Dikira Sehat, 4 Makanan Ini Ternyata Beri Pengaruh Buruk Bagi Tubuh

5. Jus manis dan buah

Minuman gula dengan kalori tinggi,nggak dapat bertahan lama karena kandungannya. Sedangkan gula yang lebih rendah dalam minuman manis justru akan menghasilkan energi, juga menyebabkan mudah haus kembali.

Namun, makanan ini baik untuk dikonsumsi ketika sedang berbuka, dan buah merupakan pilihan wajib ketika berbuka.

Kesimpulannya adalah, cukup makan makanan sederhana yang akan membuat tubuh mendapatkan lebih banyak energi.

Artikel ini telah tayang di Intisari Online dengan judul, "Inilah Jenis Makanan yang Disarankan dan Tidak Disarankan Dikonsumsi Ketika Sahur."

Editor : Al Sobry

Sumber : Intisari Online, MSTAR

Baca Lainnya