7 Kisah Kematian Tragis di Tragedi Chernobyl pada Tahun 1986

Selasa, 02 April 2019 | 11:25

Foto para korban Chernobyl

HAI-ONLINE.COM - Pada tanggal 26 April 1986 silam, salah satu reaktor di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Chernobyl, Uni Soviet, meledak.

Kejadian mengerikan itu terjadi pada pukul setengah 2 pagi, ada alarm berbunyi di saat para petugas sedang melakukan pengujian.

Panel kontrol menandakan terjadi krisis besar di reaktor nomor empat. Terjadi lonjakan energi secara tiba-tiba yang membuat reaktor terlalu panas dan meledak.

Baca Juga : Sempat Tergusur oleh T-Series, PewDiePie Kembali Jadi Raja YouTube

Diperkirakan, daya ledaknya setara dengan 500 bom nuklir. Kebakaran hebat pun terjadi selama 9 hari di sana.

Efeknya juga dirasakan oleh negara-negara di Skandinavia, lalu ke Swiss, Yunani, Italia, Prancis, hingga Inggris.

Nat.Geo
Nat.Geo

Reaktor nuklir Chernobyl meledak karena kesalahan dalam penjadwalan pemadaman tenaga yang mengakibat

Bayangin aja, jumlah radiasi ini 100 kali lebih besar dibanding bom atom yang dijatuhkan Amerika di Nagasaki dan Hiroshima, Jepang, pada Perang Dunia Ke-II.

Berikut ini adalah 7 kisah kematian tragis para petugas yang malam itu sedang berkerja di Chernobyl:

1. Aleksandr Fyodorovich Akimov

Aleksandr Fyodorovich Akimov adalah pemimpin jadwal dari reaktor nomor 4. Ia sedang berada di dalam ruangan kontrol saat ledakan terjadi. Ia pun langsung terpapar dosis fatal dari radiasi nuklir.

2. Anatoly Ivanovich Baranov

Ia adalah seorang engineer kelistrikan senior di Chernobyl kala itu. Saat reaktor meledak, Anatoly sedang berusaha sekuat tenaga untuk menghentikan penyebaran api di ruang generator.

Baca Juga : Sebelum Ditembak, Korban Pertama Teror Selandia Baru sempat Beri Sapaan Hangat ke Pelaku

3. Vyacheslav Stepanovych Brazhnik

Vyacheslav Stepanovych Brazhnik merupakan seorang operator mesin turbin senior yang sedang berkerja di Chernobyl malam itu. Saat ledakkan terjadi, Vyacheslav sedang berada di koridor turbin. Ia terpapar dengan dosis radiasi yang sangat fatal. Ia pun meninggal di sebuah rumah sakit di Moskow.

4. Viktor Mykhaylovych Degtyarenko

Viktor Mykhaylovych Degtyarenko merupakan orang yang ada di dekat lokasi ledakkan. Pasalnya, ia merupakan seorang operator dari reaktor nuklirnya. Wajahnya tersiram air panas yang terjadi karena ledakkan tersebut.

5. Anatoly Stepanovich Dyatlov

Ia merupakan seorang wakil kepala pembangkit listrik di Chernobyl. Anatoly Stepanovich Dyatlov sedang berada di ruang kontrol saat ledakkan terjadi. Ia pun terpapar sebanyak 550 radiasi ketika sedang melihat dampak dari ledakkan tersebut dengan Nikolai Gorbachenko. Radiasi yang terpapar dirinya membakar muka, tangan kanan, dan kakinya.

Baca Juga : Bangga Lagi, Mahasiswa USU Rebut 3 Medali Emas di Rusia untuk Kampas Rem Kulit Kemirinya!

6. Vasily Ignatenko

Vasily Ignatenko merupakan seorang pemadam api yang langsung tanggap ketika tau ada ledakkan di Chernobyl. Ia dan krunya menjadi kru pertama yang datang ke Reaktor nomor 4 untuk berusaha memadamkan api yang berkobar dengan ganas.

Karena terkena radiasi, tubuhnya membengkak dan ia pun harus meninggal dunia sebagai pahlawan.

Tentara setempat membantu proses pemakamannya, dan Vasily dianggap sebagai pahlawan nasional.

7. Yekaterina Alexandrovna Ivanenko

Yekaterina Alexandrovna Ivanenko adalah seorang petugas keamanan yang terus menjaga reaktor 4. Ia pun terus menjaga keamanan setempat mulai dari malam hingga pagi. Ia meninggal karena terkena radiasi. Ia pun diberi penghormatan oleh Uni Soviet.

Mereka merupakan pahlawan yang diberikan penghormatan serta diingat sebagai pahlawan nasional oleh negara. Rest in peace. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya