9 Maret Adalah Hari Musik Nasional, Lalu Hari Musik Dunia Itu Kapan? Begini Kisahnya

Sabtu, 09 Maret 2019 | 11:08
iStockphoto

Ilustrasi konser musik

HAI-online.com - Di Indonesia, tiap tanggal 9 Maret ditetap sebagai Hari Musik Nasional sejak tahun 2013 lalu. Tanggal tersebut ditetapkan karena bersamaan dengan tanggalWage Rudolf Supratman yang merupakan pencipta lagu kebangsaan "Indonesia Raya".

Kalau di Indonesia punya Hari Musik Nasional, bagaimana dengan di luar negeri? Apakah punya perayaan yang sama?

Secara internasional, tanggal 21 Juni ditetapkan sebagai Hari Musik Dunia. Hari ini disebut juga dengan World Music Day atau Fête de la Musique.

Menurut sejarah, Fête de la Musique awalnya merupakan festival musik yang dirayakan setiap tanggal 21 Junidi Perancis.

Baca Juga : Dari Pemilihan Tanggal Hingga Penetapan, Yuk Simak Sejarah Hari Musik Nasional!

Setelah itu, festival inimenjadi fenomena internasional dan dirayakan di hari yang sama di lebih dari 700 kota di 120 negara. SepertiArgentina, Australia, Belgia, Jerman, Israel, China, India, Lebanon, Malaysia, Philipina, Romania, Kolombia, Venezuela, Edinburgh, London, Amerika Serikat dan lain-lain

Waktu itu, Menteri Kebudayaan Perancis, Jack Lang ingin membuat gebrakan di bidang seni, terutama seni musik, di mana ia ingin mempraktikan berbagai musik supaya ada di mana-mana. Untuk itu, ia ingin mengadakan festival yang digelar seharian dan dirayakan di berbagai negara.

Acara itu diterapkan berdasarkan studi tentang kebiasaan budaya Perancis, di mana dengan penduduk yang mencapai lima juta orang itu, satu dari dua anak biasa memainkan alat musik. Ia pun mulai bermimpi gimana cara mengajak orang-orang keluar di jalan-jalan dan memainkan musiknya.

Acara ini pun berlangsung pada tahun 1982 di Paris dengan nama Fête de la Musique, dan kini telah diperingati sebagi Hari Musik Sedunia.

Baca Juga : 5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Merayakan Hari Musik Nasional

Sebenarnya, UNESCO sempat menggagas International Music Day dimana ide ni datang dari pemusik Yehudi Menuhin pada tahun 1975.

Konduktor dan pemain biola tersebut mengusulkan agar tanggal 1 Oktober 1975 mulai ditetapkan sebagai International Music Day. Namun sayangnya, hingga sekarang ini kegiatan International Music Day ini tak pernah tersosialisasi ke negara kita.

Ide lain menggelar Hari Musik Dunia juga pernah dicetuskan pada tahun 1976 oleh musisi Amerika, Joel Cohen. Iamengusulkan agar dirayakan pentas musik sepanjang malam dalam titik balik matahari di musim semi.

Baca Juga : Hari Musik Nasional: 5 Lagu Daerah yang Mesti Lo Tau Asal-usulnya

Ide tersebut tertunda sampai kemudian Direktur Musik dan Tari Maurice Fleuret mengajukan usulan kepada menteri Kebudayaan Jack Lang pada tahun 1981 sehingga tahun berikutnya festval itu mulai dirayakan.

Editor : Alvin Bahar

Sumber : wikipedia, Hai

Baca Lainnya