Follow Us

Tips Bikin Hari Lo Segar: Mandi Pagi Pake Air Hangat Terus Bilas Pake Air Dingi

Ricky Nugraha - Jumat, 26 Oktober 2018 | 11:32
Mandi Pagi Pakai Air Hangat Lalu Air Dingin Ternyata Bermanfaat
iStockphoto

Mandi Pagi Pakai Air Hangat Lalu Air Dingin Ternyata Bermanfaat

HAI-online.com - Pasti pernah kan ngerasain malesnya mandi pagi setelah bangun tidur? Ternyata nih, mandi pagi nggak cuma menyegarkan tubuh aja sob, ada manfaat besar di balik rutinitas yang kadang malas dilakukan oleh sebagian orang ini.

Seorang pakar pengobatan bernama Robert Glatter, menyebutkan bahwa mandi pagi bisa bikin kita rileks untuk memulai hari, sekaligus memberi semangat. Caranya adalah dengan bereksperimen mengatur suhu air.

Glatter menyarankan mandi pagi dengan air hangat yang menenangkan, setelah itu dibilas dengan air dingin. Menurut Robert, air dingin bisa membantu merangsang sirkulasi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

"Bagiku, mandi air dingin saat baru bangun tidur tentu sedikit menyiksa," ucap dia. Untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk membasahi badan dengan air hangat terlebih dulu.

Setelah itu, bisa bilas tubuh dengan air dingin, karena air dingin ngasih banyak manfaat kesehatan. Mandi air dingin dapat menurunkan detak jantung, dengan kata lain, air dingin bisa menenangkan saat akan menghadapi hari yang berat.

Baca Juga : 6 Kondisi Medis Paling Aneh Pada Manusia, Bisa Tidur 20 Jam Sehari!

Saat merasa kedinginan mandi dengan air dingin, air hangat masih bisa membuat segar. Namun pada dasarnya, entah dengan air hangat atau dingin, mandi di pagi hari bisa menghilangkan kantuk.

Di sisi lain, mandi pagi juga mencerminkan kepribadian. Glatter mengatakan bahwa orang yang rajin mandi pagi cenderung memiliki kepribadian yang teratur.

Logikanya, mereka secara teknis sudah mulai memeriksa hal-hal dari daftar tugas mereka.

"Mandi pagi sering menjadi bagian dari ritual pagi harian yang membantu kita mengatur hari," kata Glatter.

Menurut dia, ini adalah bagian dari proses yang membantu kita memulai hari, membuat kita tetap tertata dan mempertahankan fokus.

Source : Kompas.com, elite daily

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest