Follow Us

Mahasiswa Ini Nggak Sengaja Nemu Cara Supaya Baterai Smartphone Awet

None - Selasa, 09 Oktober 2018 | 14:30
baterai hape mAh
techworm.net

baterai hape mAh

HAI-Online.com - Ini mungkin jadi kenggaksengajaan terbaik yang pernah ada.

Seorang ilmuwan yang sedang bereksperimen dengan gel tanpa sengaja menemukan cara agar baterai handphone bisa tahan lama.

Para peneliti dari University of California sadar bahwa dengan melapisi komponen rapuh dalam baterai handphone dengan sebuah "pelindung" membuat kekuatan baterai nggak berkurang sama sekali.

Walaupun handphone itu digunakan secara terus menerus.Komponen baterai – kawat nano – biasanya akan rusak setelah 7 ribu kali pemakaian.

Namun, dengan “pelindung” mangan dioksida tadi, baterai nggak akan kehilangan kekuatannya meskipun di-charge lebih dari 200 ribu kali dalam tiga bulan.

Hal itu berarti baterai handphone atau tablet kita bisa bertahan dalam kurun waktu yang nisbi lama.

Atas penemuan ini, kita boleh berterima kasih kepada Mya Le Thai, mahasiswa PHD di universitas tersebut.

Baca Juga : Cie, Ternyata Khabib Nurmagomedov Sempat Akur Sama Conor McGregor

Reginald Penner, Kepala Departemen Kimia di University of California mengatakan, Mya sedang “bermain-main” saat dia melapisi kawat baterai dengan lapisan gel.

“Dia ternyata menemukan bahwa menggunakan gel tersebut, bisa membuat baterai didaur ulang ribuan kali tanpa kehilangan kapasitasnya,” jelasnya.

Mya menjelaskan, lapisan gel itu membantu elektroda pada kawat nano menahan bentuknya jadi lebih baik sehingga dapat lebih diandalkan.

“Penelitian ini membuktikan bahwa baterai yang memiliki kawat nano bisa berumur panjang,” katanya.

Artikel ini pertama kali tayang di Intisari Online dengan judul "Mahasiswa Ini Tak Sengaja Menemukan Cara Supaya Baterai Handphone Kita Tahan Lama"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest