Follow Us

Pertama Kali Nih! Medali Asian Para Games 2018 Punya Bunyi Gemerincing

Dewi Rachmanita - Sabtu, 06 Oktober 2018 | 10:59
Medali Asian Para Games 2018 punya bunyi gemerincing
Kompas.com/Nugasa Laksamana

Medali Asian Para Games 2018 punya bunyi gemerincing

HAI-Online.com - Gelaran Asian Para Games 2018 di depan mata. Para atlet disabilitas bakal bertanding memperebutkan medali. Uniknya, untuk pertama kalinya medali Asian Para Games bakal punya efek bunyi khusus yang bikin para atlet disabilitas netra merasakan kemenangannya.

Suara yang dihasilkan berupa gemerincing bro kalau digoyang-goyangkan. Suara itu sendiri dari bola kecil yang ada di medali. Tiap medali pun punya suara yang berbeda-beda dengan jumlah bola kecil yang berbeda pula.

Medali emas berisi 26 bola kecil, medali perak berisi 20 bola kecil, dan perunggu berisi 16 medali bola kecil.

Baca Juga : Murah, Ini Cara Beli Tiket Nonton Pertandingan Asian Para Games 2018!

Medali Asian Para Games 2018 punya bunyi gemerincing
Kompas.com/Nugasa Laksamana

Medali Asian Para Games 2018 punya bunyi gemerincing

"Kami terinspirsi dari medali Paralimpiade Rio 2016 yang juge menghasilkan suara jika digoyangkan. Idea wal untuk mewujudkannya dari (CEO APC) Mr Tarek Souei," ujar Fanny Riawan, Direktur Sport Inapgoc kepada Kompas.com.

Nggak cuma punya suara gemerincing, medali Asian Para Games 2018 juga punya keunikan lain sob. Di bagian depan medali ada logo Asian Para Games 2018 dengan slogannya "The Inspiring Spirit and Energy of Asia". Sedangkan di bagian belakangnya terdapat logo Asian Paralympic Committee (APC) dan kode dengan huruf braille.

Terkait bahan, medali ini terbuat dair besi solid bro yang dilapisi emas dengan teknik semport. Desainnya sendiri pun dirancang Wakil Sekretaris Jederal Inapgoc, Ferry Kono. Prosesnya juga nggak lama kok, yakni sekitar emapt bulan di Guangzhou, China. (*)

Editor : Al Sobry

Latest