Follow Us

Jangan Gampang Dikibulin, Ini 5 Kasus Hoaks yang Menggemparkan Indonesia

Bayu Galih Permana - Kamis, 04 Oktober 2018 | 13:19
Ilustrasi Hoax
iStockphoto

Ilustrasi Hoax

HAI-Online.com - Di masa sekarang, kita sebagai masyarakat yang pintar harus bisa mengolah cerita ataupun berita yang beredar agar nggak mudah termakan oleh hoaks karena bisa mengakibatkan perpecahan.

Terakhir, banyak masyarakat Indonesia yang dibuat berseteru akibat munculnya kabar hoaks ciptaan oleh Ratna Sarumpaet yang sempat mengaku mengalami tindak pemukulan sehingga menyebabkan wajahnya lebam-lebam.

Ternyata selain kasus Ratna Sarumpaet, sebelumnya di negara kita telah beredar berbagai macam hoaks yang membuat masyarakat heboh.

Apa aja sih?

Langsung aja deh HAI bagiin buat kalian 5 kasus hoaks yang sempat menggemparkan Indonesia.

1. Idrus dan Markonah - Raja dan Ratu Suku Anak Dalam

Pada sekitar tahun 1950-an, ada sepasang suami istri bernama Idrus dan Markonah yang mengaku sebagai raja serta ratu dari Suku Anak Dalam yang berada di Sumatera.

Bahkan, mereka sempat diberikan sambutan baik dengan cara dijamu, diajak foto bersama, dan membuat banyak media massa meliput aksinya.

Sampai suatu ketika ada seorang pejabat yang memperkenalkan Idrus dan Markonah kepada presiden Soekarno karena dianggap bisa membantu dalam pembebasan Irian Barat.

Presiden Soekarno lantas mengundang raja dan ratu palsu itu ke istana, dan diberikan sejumlah uang untuk misi pembebasan Irian Barat serta fasilitas menginap di hotel selama berminggu-minggu.

Sampai suatu ketika kedok mereka terbongkar oleh seorang supir becak yang mengenal Idrus dan membuat para wartawan mengkulik identitas mereka sebenarnya.

Setelah ditelusuri, ternyata Idrus cuma seorang supir becak dan Markonah adalah wanita malam yang sering menjajakan diri di daerah Tegal.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest