Follow Us

Gonz Fest 2018 Undang Band Punk Marjinal Biar Anak Muda Semangat Bawa Perubahan

Rizki Ramadan - Selasa, 02 Oktober 2018 | 13:41
Mike Marjinal saat tampil di Gonz Fest 2018
Prabandana Raditya / Ben Saragih

Mike Marjinal saat tampil di Gonz Fest 2018

HAI-online.com - Lo yang doyan musik punk atau musik cadas, pasti tau dong sama band punk Marjinal? Band asal Jakarta ini emang dikenal banget pergerakannya. Nggak cuma lewat musik, mereka menyampaikan 'perlawanan' terhadap ketidakadilan dan kritik terhadap negeri lewat gerakan-gerakan sosial dengan semangat punk.

Kerennya, SMA Kolese Gonzaga baru aja mengundang Marjinal untuk tampil di pensi tahunan mereka yang digelar pada Sabtu 29 September kemarin di halaman sekolah mereka.

Momen tersebut bisa dibilang bersejarah, karena Gonz Fest berani mikir out of the box dengan mengundang Marjinal. Marjinal emang sudah tampil di banyak tempat, termasuk kampus-kampus, tapi untuk tampil di tingkat SMA, Gonz Fest adalah yang pertama.

Panitia mengundang Marjinal sebagai penampil utama bukan karena pertimbangan jumlah massa yang akan bisa didatangkannya. Melainkan karena pesan yang disampaikan Marjinal lewat lagu-lagunya sesuai dengan tema acara tahun ini, "Gebyar Gelora Kawula Muda"

"Kami pengin ada band yang punya ciri khas masing-masing. Ketemulah Marjinal. Mereka nggak sekadar bikin musik tapi juga menyampaikan pesan. Ini keren benget. Tema acara kami ini kan pengin ngajak anak muda melakukan pergerakan. Cocok dengan pesannya Marjinal," kata Nasya Dinda Sarumpaet, Ketua panitia Gonz Fest 2018.

Nasya cerita, tema tahun ini dibuat karena Gonz Fest ingin meningkatkan kesadaran dan semangat anak muda. "Kami pengin menyadarkan kalau anak muda itu punya potensi. Kami mau ngebakitin lagi semangat anak muda," kata Nasya.

Marjinal tampil di penghujung acara, penutup penampilan Maliq & D'essentials dan Danilla.

Di belakang panggung, Hai mewawancara Marjinal. Mereka bilang senang bisa tampil di acara SMA seperti Gonz Fest ini. Bobi 'Marjinal' pun bilang kalau Gonz Fest adalah pensi pertama yang mengundang Marjinal

"Bagi kami, segala tempat adalah ruang untuk menyampaikan kegelisahan, apresiasi, atau ekspresi tentang sebuah keadaan. Harapan besarnya, semoga bisa belajar bersama, menyatukan pretensi yang sama agar kita bisa kerja sama," kata Mike, Marjinal.

Marjinal juga pesan nih, untuk kita para anak muda. Perlu banget lo catat dan ecamkan baik-baik.

"Saya selalu optimis, kelak generasi muda atau generasi berikutnya yang bisa menuai pembelajaran, bisa menjadi pelita yang memiliki solusi dari persolan negeri ini," tutupnya.

Sepakat, Oom!

(Reporter: Ben Saragih - Hai School Crew)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest