Follow Us

Wajib Paham! 5 Hal yang Bisa Lo Lakuin Biar Rupiah Nggak Makin Anjlok

Agung Mustika - Kamis, 06 September 2018 | 15:05
5 Cara Simpel Buat Nyelametin Nilai Tukar Rupiah

5 Cara Simpel Buat Nyelametin Nilai Tukar Rupiah

HAI-Online.com - Melemahnya nilai tukar rupiah disebabkan banyak hal. Mulai dari kondisi pasar internasional sampai sikap konsumtif orang-orang Indonesia.

Nah, sebagai anak muda, ada banyak hal, yang bisa kita lakuin buat mencegah rupiah makin lemah. Dilansir dari berbagai sumber, ini dia 5 hal yang bisa lo lakuin biar rupiah nggak makin anjlok. Cekidot!

1. Beli produk lokal

Ini langkah yang bisa dilakauin buat lo yang demen belanja. Kalo tiap minggu lo ke mall dan beli produk-produk luar negeri, ya otomatis duit kita bakalan ke luar negeri juga. Tapi keluar negerinya dalam bentuk dolar.

Dengan beli produk-produk lokal, perputaran rupiah bisa tetap stabil karena uang rupiah nggak lari ke luar negeri. Sebaliknya kalo produk-produk lokal dipercaya sama bangsa sendiri, bukan nggak mungkin ekspor juga bakalan naik.

Kalo ekspor naik, dolar bisa masuk ke negara kita dan nilai tukar rupiah bisa menguat, sob.

Baca Juga: Ini Penyebab Melemahnya Nilai Rupiah yang Anak Muda Mesti Pahamin!

2. Ngurangin naik kendaraan pribadi

Tahu nggak, sih, salah satu penyebab lemahnya rupiah dikarenakan tingginya permintaan bahan bakar minyak dan gas? Nah, ketersediaan bbm dan gas di Indonesia masih tergantung impor.

Makanya lebih sering naik angkutan umum bakal ngurangin juga ketergantungan impor bahan bakar.

Kalo males naik kendaraan umum, bisa juga kalo hang out sama temen, mending saling nebeng. Satu mobil rame-rame gitu. Selain lebih seru, lo juga ngurangin pemakaian bbm.

Coba bayangin kalo satu tongkrongan lo bawa mobil semua. Hmmmm, solusi yang ini bener-bener harus dari kesadaran kita, sob.

Halaman Selanjutnya

3. Tunda belanja elektronik
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular