Follow Us

Mengenal Haruo Nakajima, Aktor Yang Memerankan Godzilla Selama 22 Tahun

HAI Internship - Selasa, 31 Juli 2018 | 20:00
Haruo Nakajima si Pemeran Godzilla Pertama

Haruo Nakajima si Pemeran Godzilla Pertama

HAI-Online.com – Sob, kalian pasti pernah kan nonton film Godzilla? Kalian suka penasaran nggak sih sama sosok yang ada di balik badan Godzilla yang raksasa itu?

Nah, channel Great Big Story di Youtube pernah membahas soal ini, sob. Ternyata, sosok yang ada di balik kostum Godzilla pertama adalah Haruo Nakajima. Kakek berusia yang meninggal pada usia 88 tahun 2017 lalu ini adalah pemeran monster Godzilla yang muncul di film Godzilla pertama yang rilis di tahun 1954.

Diceritakan di video tersebut, Haruo Nakajima sudah jadi Godzilla dari 1954-1972 dan berperan di 12 film Godzilla! Nakajima udah main berbagai film dengan berbagai genre sejak akhir perang dunia kedua. Di awal kariernya dia sering berperan jadi stuntman di film-film bertema samurai, lengkap dengan gaya rambut cepol yang khas.

Kemudian, jalan lain mulai terbuka buat Nakajima. Pas main di film Eagle of The Pacific, ia berhasil menarik perhatian Ishiro Honda sang sutradara. Berperan sebagai prajurit yang harus loncat dari pesawat yang terbakar, Nakajima terlihat sangat penuh energi di mata Honda.

Nakajima pun ikut audisi untuk film bertema monster yang sedang digarap Honda. Awalnya, Nakajima nggak tahu dia bakal berperan jadi monster yang seperti apa. Tapi, ia melakukan banyak riset terhadap banyak hewan besar di kebun binatang.

Haruo Nakajima

Haruo Nakajima

Kostum 100 kg

Dalam proses pembuatan kostum Godzilla, banyak kesulitan yang dialami. Karena saat itu Jepang masih dalam kondisi pasca perang, banyak banget bahan pembuatan kostum yang nggak bisa diperoleh. Misalnya, karet. Maka dari itu, para kru film memutuskan buat pake beton yang udah dicampur sebagai bahan kostum monster!

Karena penggunaan beton itu, kostum yang harus dipakai Nakajima jadi luar biasa berat, sob. Kalau ditotal sih mencapai 100 kg! Selain berat, kostum tersebut juga panas banget. Nakajima yang ada di dalam kostum bakal berkeringat parah dan susah dapat udara.

Sukses di Pasaran

Setelah proses syuting selesai, film pun dirilis. Nakajima yang waktu itu takut banget soal gimana reaksi para penonton terhadap film, sampai memutuskan untuk duduk di kursi paling depan teater dan melihat reaksi para penonton, bukannya nonton filmnya sendiri.

Akhirnya Godzilla jadi salah satu ikon budaya Jepang yang sukses luar biasa. Baik di bidang teknis filmnya, maupun dalam pesannya soal bahaya senjata atom. Sampai saat ini, Nakajima sendiri merasa sangat bangga dan bersyukur, bagaimana Godzilla yang ia perankan punya kesuksesan dan diingat sama orang.

Buat kalian yang mau nonton kisah Nakajima selengkapnya, bisa ditonton di sini:

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest