Follow Us

Keren! Kosta Rika Bakal Jadi Negara Pertama Bebas Karbon di Dunia

- Selasa, 24 Juli 2018 | 16:01
Keren! Kosta Rika Bakal Jadi Negara Pertama Bebas Karbon di Dunia

HAI-ONLINE.COM - Carlos Alvarado, presiden Kosta Rika mengumumkan rencana besar untuk jadikan negaranya sebagai negara bebas karbon pertama di dunia pada tahun 2021 bertepatan dengan perayaan kemerdekaan ke-200."Dekarbonisasi adalah tugas besar generasi kita dan Kosta Rika harus jadi salah satu negara pertama di dunia yang mencapainya, kami memiliki tugas untuk menghapus penggunaan bahan bakar fosil dalam perekonomian untuk memberi jalan bagi penggunaan energi yang lebih bersih terbarukan,” kata Alvarado dalam pidato pelantikannya.Namun, pernyataan Alvarado tersebut cukup menyesatkan. Kosta Rika nggak memiliki, bahkan nggak merencanakan, hukum untuk melarang penggunaan bahan bakar fosil.Menurut Carlos Manuel, Menteri Lingkungan dan Energi, orang-orang telah salah paham memahami pernyataan sang presiden. Kosta Rika nggak pernah berencana untuk melarang penggunaan bahan bakar fosil. Namun, mereka akan memprosesnya melalui beberapa kebijakan dan insentif baru hingga pada akhirnya penggunaan bahan bakar fosil akan berhenti.Tujuan dari netralitas karbon memungkinkan pembakaran batubara, minyak, dan bensin asalkan emisi gas mereka diimbangi di tempat lain. Cara untuk mengimbanginya dapat berupa penanaman hutan atau pengelolaan lahan.

Cek: Pesawat Luar Angkasa NASA Bakal Menyentuh Matahari Tanpa TerbakarLangkah pertama dan terbesar yang dilakukan Kosta Rika dalam memulai misinya adalah dari sektor transportasi. Transportasi di Kosta Rika senggaknya menyumbang dua pertiga dari keseluruhan emisi di negara tersebut.Salah satu cara sederhana yang diterapkan Kosta Rika adalah dengan membatasi jumlah karbon yang digunakan. Selain itu, Kosta Rika juga menerapkan rencana lain, yaitu peningkatan kendaraan yang lebih bersih atau kendaraan listrik. Namun, langkah ini masih sulit diterapkan karena baterai atau sel bahan bakar kendaraan listrik masih belum mampu mengungguli bahan bakar fosil. Harga kendaraan listrik yang jauh lebih mahal juga jadi kendala yang harus dihadapi.Sektor perekonomian juga dapat terancam demi terlaksananya misi pembebasan karbon. 22 persen pendapatan Kosta Rika berasal dari pajak bahan bakar fosil dan sebagian besar dari transportasi. Peralihan menuju kendaran yang lebih bersih mampu mencekik keuangan negara, yang mana akan memicu defisit.Selain Kosta Rika, Eropa juga sedang merencanakan kebijakan yang sama. Inggris sedang mempertimbangkan kebijakan zero emisi gas pada tahun 2050. Mengikuti langkah Inggris, Belanda juga mempertimbangkan tujuan yang sama. Sedangkan Jerman berupaya mengurangi emisinya sebesar 95 persen pada tahun 2020.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Kosta Rika Siap Menjadi Negara Bebas Karbon Pertama di Dunia"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest