Follow Us

Ini Samantha Edithso Juara Catur Dunia Berusia 10 Tahun Asal Indonesia

Alvin Bahar - Kamis, 28 Juni 2018 | 14:05
Samantha tengah bertanding di Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia ke 13
PERCASI

Samantha tengah bertanding di Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia ke 13

HAI-ONLINE.COM - Indonesia kini punya juara catur dunia lagi. Kerennya, “titisan” Utut Adianto tersebut baru berusia 10 tahun!

Yap, bocah hebat itu bernama Samantha Edithso. Samantha baru aja meraih gelar bergengsi juara dunia “FIDE World Championship 2018 U-10” yang berlangsung di Minks, Belarusia. Pada babak terakhir atau kesembilan ia mengandaskan perlawanan sengit Yana Zhapova.

Samantha berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia, setelah meraih poin tertinggi 8,5 dari sembilan babak sistem Swiss yang dipertandingkan.

Ini bukan prestasi satu-satunya Samantha Edithso. Bocah berusia 10 tahun ini pernah menjadi peserta pada turnamen Kejuaraan Catur Antarpelajar Asia ke 13 di Kelompok Umur 17 tahun (KU-17).

Cek: Bikin Jerman Gugur, Fans Meksiko Pesta Bareng Fans Korea Selatan

Gadis kecil ini mengalahkan lawannya Shin Ching An (Taiwan) dan sempat memimpin klasemen sementara pada kejuaran catur yang berlangsung pada Juli 2017 tersebut.

Meski masih berusia belia, gadis kecil ini berani bermain empat tingkat di atas kelompok umurnya."Waktu kelas satu, saya sengaja ikut ekstra kurikuler catur. Saya terus bermain dan akhirnya meraih kemenangan. Saya senang sekali," ucap Samantha, dikutip dari Juara.net.

Pada kejuaraan yang berlangsung di Kota Panjin, Liaoning, China, tersebut Samantha masuk dalam skuat catur Indonesia. Kejuaraan ini diikuti sekitar 400 pecatur dari 23 Negara. Hebat ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest