Follow Us

10 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik 2018 Dilihat Dari Ratingnya

Alvin Bahar - Kamis, 31 Mei 2018 | 16:20
Berburu Perguruan Tinggi Swasta

Berburu Perguruan Tinggi Swasta

HAI-ONLINE.COM - Nggak usah mabok Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Nggak lolos PTN bukanlah akhir dari dunia. Masuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pun bukan aib, malah membanggakan juga. Asalkan kita punya tekad untuk belajar.

Jangan anggap PTS nggak ada yang bagus. Soalnya, HAI punya daftar PTS terbaik nih! Daftar PTS terbaik ini dirangkum dari tiga sumber: Kemenristekdikti, Webometrics, dan UniRank.

Penilaian Webometrics berdasarkan data seperti Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Presence merupakan jumlah halaman website (html) Universitas dan halaman dinamik yang tertangkap oleh mesin pencari Google.

Impact merupakan jumlah eksternal link yang unik (jumlah backlink) yang diterima oleh domain web universitas (inlinks) yang tertangkap oleh mesin pencari Google. Openness merupakan jumlah file dokumen, Microsoft Word, and Microsoft Powerpoint yang online/open di bawah domain website universitas yang tertangkap oleh mesin pencari Google Scholar. Excellence merupakan jumlah artikel-artikel ilmiah publikasi perguruan tinggi yang bersangkutan yang terindeks di Scimago Institution Ranking dan di Google Scholar.

Sedangkan kalo Kemenristekdikti, mutu pendidikan dinilai dari empat komponen, yakni kualitas kelembagaan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat,” kata Menristekdikti Mohamad Nasir dilansir dari laman resmi Kemenristekdikti.

UniRank yang dahulu bernama 4ICU (4 International Colleges and Universities) memiliki kriteria: terakreditasi, memiliki program setidaknya 4 tahun untuk S1 atau memiliki program pasca sarjana, serta memberikan format pembelajaran tradisional atau tatap muka.

Dengan rilis universitas terbaik ini, HAI ingin membantu para calon mahasiswa supaya nggak bingung memilih dan memilah mana saja universitas terbaik yang layak dia pertimbangkan.

Tanpa berlama-lama, yuk, segera kita simak bersama-sama daftar terbaru universitas swasta terbaik di Indonesia tahun 2018!

  1. Universitas Bina Nusantara
Peringkat 48 Kemenristekdikti, 16 Webometrics, dan 15 UniRank

Lokasi: Jakarta, Tangerang, Bekasi

Halaman Selanjutnya

Jurusan Unggulan:
1 2 3 ... 5

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest