Follow Us

Pria Ini Koleksi Poster Film Lokal Jadul, Jumlahnya Udah Ribuan

Alvin Bahar - Jumat, 16 Maret 2018 | 01:45
Koleksi Harkopo Lie
Alvin Bahar

Koleksi Harkopo Lie

HAI-ONLINE.COM - Zaman dulu, saat teknologi belum secanggih sekarang, poster film di bioskop dibuat dengan manual lho. Yap, ada orang yang bertugas buat melukis poster di kain, triplek, atau kanvas untuk dipajang di depan bioskop.

Terdengar jadul, tapi itulah seninya. Barang-barang vintage kayak gini emang banyak yang koleksi. Kalo di Indonesia, ada Harkopo Lie. Pria paruh baya keturunan etnis Tionghoa ini telah menjadi pelaku seni sejak tahun 1970-an. Ia merupakan pembuat poster film di bioskop Presiden, yang terletak di Pasar Kota Jambi, yang kini sudah tiada. Kini, ia mengoleksi poster-poster dari tahun 70 dan 80an.

Cek: 7 Fakta unik Film Hollywood yang Agak Sulit Dipercaya

Sosok Harkopo Lie
”Pada masa itu, bisa dibilang dunia perfilman Jambi cukup semarak dengan bintang film seperti Yati Oktavia, Roy Marten, Robby Sugara, dll. Dari film-film yang beredar, bahkan ada film dari Jambi, judulnya Intan Perawan Kubu dan Jari-Jari Lentik, yang saya buat posternya di atas tripleks, jadi dibuat 3 dimensi", cerita Harkopo Lie kepada IMCNEWS.

Kini poster-poster tersebut memenuhi kediamannya. Sebagian besar dilipat rapi, layaknya baju di lemari. Ada juga yang diletakkan begitu saja. Beberapa ada yang dipajang. Selain poster, doi juga mengoleksi artefak bioskop lainnya.

"Koleksi poster film saya jumlahnya ribuan, ada keinginan saya untuk bisa membuat pameran atau memajangnya di manalah nanti, supaya anak-anak muda sekarang tahu bagaimana dunia perfilman Jambi sebelumnya,” katanya.

“Dan di tempat ini (Tempoa, kafe miliknya, RED) saya memakai kayu-kayu bekas dinding bioskop Presiden dulu sebagai dinding kafe ini, supaya ruh perfilman Jambi tempo dulu terasa dan hadir", tambahnya lagi.

Wah, kalo ada pamerannya seru juga sih, Om. Segera diwujudkan ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest