Follow Us

10 Tanda Kamu Adalah Orang Cerdas Menurut Sains

Alvin Bahar - Rabu, 14 Maret 2018 | 03:00
Merebak Joki Pintar yang Kurang Pintar
Alvin Bahar

Merebak Joki Pintar yang Kurang Pintar

HAI-ONLINE.COM - Siapa yang nggak ingin disebut cerdas? Kebanyakan orang selalu ingin jadi orang yang lebih pintar, cerdas, dan memiliki pengetahuan tinggi. Sayangnya, banyak orang juga nggak menyadari bahwa dirinya cerdas. Apalagi, kecerdasan memang banyak jenisnya.

Dengan kata lain, lemah dalam satu bidang bukan berarti membuat kamu nggak cerdas. Lalu, yang jadi pertanyaan besar adalah apa tanda-tanda orang cerdas? Dirangkum dari Business Insider, Sabtu (10/03/2018), inilah 10 tanda bahwa kamu cerdas.

1. Nggak Selalu Tahu

Mungkin banyak yang berpikir berpura-pura mengetahui segalanya membuat kamu terlihat lebih cerdas. Sayangnya, anggapan ini nggak sepenuhnya benar.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Personality and Social Psychology menemukan, orang yang berani mengkritik dirinya sendiri justru lebih cerdas. Dengan kata lain, orang cerdas menerima kekurangannya dan jadikan itu patokan untuk belajar lebih giat.

Temuan tersebut didapatkan oleh para peneliti setelah membandingkan bagaimana prediksi para siswa seusai menjalani sebuah tes. Siswa yang memiliki nilai lebih rendah cenderung mengira nilainya lebih bagus. Sebaliknya, siswa bernilai tinggi justru memprediksi nilainya buruk.

2. Penasaran

Rasa penasaran adalah jalan masuk pengetahuan. Itu karena dengan rasa penasaran, kamu selalu ingin tahu terhadap sesuatu.

Hal ini juga ditegaskan oleh penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Individual Differences. Para peneliti menemukan bahwa orang yang bernilai IQ lebih tinggi cenderung lebih penasaran dan terbuka terhadap gagasan baru.

Kecerdasan dan rasa ingin tahu memang selalu beriringan. Orang cerdas cenderung ingin tahu banyak hal mulai dari kehidupan sehari-hari hingga pertanyaan-pertanyaan filosofis tentang alam semesta.

Cek: Perjuangan Umat Manusia Mencari Ujung Pi yang Sampai Sekarang Belum Ketemu Jawabannya

3. Melengkapi kalimat Orang Lain

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest