Follow Us

Berkat Teknologi, Akhirnya Tercipta 5 Bangunan Anti Bencana Ini

- Rabu, 20 Desember 2017 | 11:15
Rumah

Rumah

Bencana bisa terjadi tanpa diduga-duga, dan datang kapan aja. Sebagai seorang manusia biasa, kita nggak bisa untuk menghadang datangnya bencana. Tapi, kita masih bisa untuk bertahan menghadapi datangnya bencana.

Nah, beberapa bangunan ini diklaim tahan segala gangguan, mulai dari bencana alam, sampai ancaman perang dan terorisme.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana, nggak cuma dibutuhkan kesadaran dan beberapa langkah pencegahan. Beberapa negara maju di dunia, bahkan sudah menciptakan beragam teknologi yang kemudian diaplikasikan terhadap beberapa bangunan.

Hasilnya, teknologi tersebut membuat gedung atau rumah jadi tahan terhadap beberapa bencana musiman di beberapa negara, seperti gempa bumi, banjir, bahkan tsunami. Lantas, seperti apa wujud bangunan tahan bencana ini?

1. THE FALICITY

Canggih Gini...
Bunker atau ruang bawah tanah yang ada di Tift County, Georgia, Amerika, ini dipasarkan seharga Rp 239,7 miliar. Jangan heran kalau harganya selangit. Pasalnya, bunker seluas delapan hektar ini bisa menahan serangan mematikan, termasuk ledakan nuklir berkekuatan 20.000 ton!

Kerennya lagi, bunker ini juga punya pembangkit listrik, sistem tenaga surya cadangan, sampai sistem keamanan CCTV senilai Rp 1,9 miliar. Terletak 45 kaki (13,7 meter) di bawah tanah, bunker ini punya dinding setebal 90 sentimeter yang sulit ditembus. Gokil!

2. TSUNAMI HOUSE

Di Indonesia Udah Ada, Belum, Ya?
Punya tinggi sekitar 9 meter, rumah seluas 291 meter persegi ini diklaim bisa tahan terhadap gelombang tsunami setinggi 2,4 meter. Dibuat oleh desainer asal Camano Island, Washington, Amerika Serikat, rumah keren ini juga tahan guncangan gempa sampai 7,8 skala richter bahkan hempasan angin lateral dengan kecepatan 8 mil per jam.

Untuk memaksimalkan kerjanya, rumah ini didukung kerangka baja dan pilar yang ditempatkan secara strategis. Selain itu, selasar antar pintu kaca geser didesain nggak gampang pecah oleh kekuatan arus banjir.

Hal itu sendiri dimaksudkan agar air melewati dasar ruangan dan keluar dari sisi yang berlawanan. Sehingga, air hanya lewat di bagian bawah rumah, sementara bagian atas tetap utuh.

3. BUNKER OPPIDUM

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest