Follow Us

6 Inspirasi Kegiatan Berfaedah Yang Dilakukan Lulusan SMA Sambil Nunggu Kuliah.

Dok Grid - Rabu, 21 Februari 2024 | 14:15
Peserta Magang di redaksi HAI
Rizki Ramadan

Peserta Magang di redaksi HAI

“Gabut nih!” Kira-kira begitulah kata yang kerap dilontarkan oleh temen-temen yang baru lulus SMA, meskipun udah tau gabut (gaji buta atau nggak ada kerjaan) banyak dari mereka yang nggak tau harus ngelakuin apa.

Tapi, nggak semua anak yang kayak gitu. Nyatanya, Hai nemu nih anak-anak lulusan SMA yang sambil nunggu masa kuliah mulia, mereka melakukan kegiatan berfaedah. Dapet duit pula. Ng gak usah khawatir lagi di malem minggu. Eh,maaf ya jomblo...

Untuk insprasi, simak nih cerita mereka. Nah, Hai bakal kasih kalian 5 inspirasi yang tentunya berfaedah untuk menunggu kuliah tanpa gabut dan tentunya bisa nambah duit jajan ,

1. Dapet Kerja Jaga Toko Dari Internet

Kalian pasti tau OLX.com dong, website untuk jualan sampai website untuk cari kerja. Jaman sekarang banyak lho lowongan pekerjaan yang bisa kalian temuin di website-website penyedia lowongan pekerjaan semacam olx.com, contohnya Antonio Prawira atau yang biasa dipanggil Nio. Dia baru lulus SMA dan mengaku bingung untuk menghabiskan waktunya, “Awalnya gua gabut, gue pengen bisa menghasilkan uang selama liburan supaya nggak minta ke ortu.”Ujar nio.

Saat dia nyari ternyata ada warung sate taichan di sekitaran Depok dan dia hubungi pemiliknya, akhirnya dia dikabari sama owner-nya untuk bantu-bantu di situ! Kata dia tugasnya juga simpel kok. Ngipasin sate dan nyajiin makanan ke pelanggan. Lumayan kan buat nambah duit jajan dan ngisi waktu luang. Jadi tunggu apalagi nih? Langsung aja cari info kerjaan ke mbah Google!

2. Daftar Magang Di Perusahaan

Ruangguru.com adalah start up penyedia layanan guru. Pasti udah pada tau dong? Website ini udah bantu banyak banget murid yang belajar dari tingkat SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi, sampe umum buat belajar bareng guru-guru yang pastinya kualitasnya gak usah diraguin lagi.

Nadia Farah baru aja lulus tahun ini dari SMA negeri 68, dia diterima jalur undangan di Universitas Indonesia jurusan Sastra Inggris. “Awalnya tau info karena nemu di explore Instagram.” Kata Nadia saat ditanya kenapa bisa nemu info magang di Ruangguru.com, setelah mendaftar dan diinterview akhirnya Nadia lolos untuk magang selama dua bulan di perusahaan ini. Tugasnya sebagai marketing content writer, yaitu bikin konten buat blog ruangguru.com.

Gokil ya! Daripada cuma buka instagramnya Playboy atau Victoria Secret mending cari info magang kayak Nadia.

3. Kerja di Kantor Orangtua

Bagi kalian yang punya bokap kerja di perusahaan bisa nih niru Yosua Prandiaswara yang seharinya dapet 100 ribu lumayan kan bisa makan kenyang di warteg sekitar 5 kali. “Daripada diem di rumah mending cari pengalaman dan penghasilan untuk jajan.” Kata Yosua saat bercerita.

Kantor dimana dia bekerja bergerak di bidang logistik jadi tugas dia mempersiapkan berkas dan keterangannya untuk dikirim ke alamat tujuan. Setelah ini kalian pasti bakal cari info kerjaan ke orangtua kalian atau ke orangtua tentangga kalian. Yang penting sih kalian harus kenal sama orang yang kasih kalian kerja biar terjamin!

4. Hobi yang jadi kerja

Sebagai anak muda pasti kalian punya banyak hobi. Untuk Raka Apriliyo, hobi yang dia punya malah bisa nambah uang jajan.

Lulus tahun ini dari SMA Charitas Jakarta, Raka yang main saxophone udah keterima di fakultas musik Universitas Pelita Harapan. Karena masuk kuliah masih agak lama, maka dia memutuskan untuk main musik sesuai hobi dan kegemarannya. ”Setiap gue main musik atau ngelakuin aktivitas yang berhubungan sama musik, gua happy dan nggak ada beban atau paksaan sama sekali” ,Ujar Raka yang udah belajar saxophone sejak dirinya masuk SMP.

Editor : optimization

PROMOTED CONTENT

Latest