Follow Us

Tau Nggak, Ada Superhero DC Asli Indonesia, Namanya Sujatmi Sunowaparti!

Dimas Yulian - Jumat, 14 April 2017 | 04:00
Sujatmi Sunowaparti aka Cascade (paling kanan) anggota kelompok superhero Global Guardians
Dimas Yulian

Sujatmi Sunowaparti aka Cascade (paling kanan) anggota kelompok superhero Global Guardians

Kalo di Marvel ada sosok Melati Kusuma yang merupakan superhero keturunan Indonesia, DC Comics justru punya karakter superhero asli Indonesia, bernama Sujatmi Sunowaparti alias Cascade! Mbak Sujatmi ini adalah anggota dari Global Guardian, kelompok superhero DC yang berasal dari berbagai negara.

Dari namanya pun udah ketauan kalo Mbak Sujatmi ini lahir dan besar dari keluarga yang tinggal di Jawa, Indonesia. Doi diceritakan sebagai sosok aktivis lingkungan hidup yang vokal dan aktif melawan pemerintah lokal yang otoriter. Kekuatan supernya sendiri didapat ketika terjadi kecelakaan di sebuah tempat di Kalimantan tempatnya bekerja. Sujatmi diceritakan terkena radiasai Radioactive Isotope yang membangkitkan Metagene dalam dirinya.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade
Dalam DC Universe sendiri, Metagene adalah semacam gen yang terdapat pada beberapa manusia yang bisa berubah jadi gen super ketika terpicu sesuatu. Hal ini lah yang akhirnya mengubah Sujatmi Sunowaparti jadi sosok superhero Cascade.

Cascade sendiri punya kekuatan super bertransformasi jadi berbagai elemen air, dan mampu memanipulasi dan mengendalikan air menjadi berbagai bentuk. Hampir mirip seperti Aquaman gitu deh. Mungkin karena Indonesia terkenal sebagai negara maritime juga kali ya.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade
Karakter Cascade sendiri pertama kali diperkenalkan oleh karakter superhero yang juga anggota dari Justice League, Martian Manhunter, Ketika itu, Cascade diceritakan muncul saat program Global Guardian hampir dinonaktifkan. Kehadiran Cascade saat itu diharapkan dapat menambah kekuatan tim Global Guardians menjadi lebih kuat.

Sujatmi Sunowaparti alias Cascade
Meski perannya nggak terlalu signifikan, seperti dikutip dari Comic Vine, karakter Cascade tercatat udah sering muncul di beberapa seri komik DC. Mulai dari komik seri Wonder Woman, Soverign Seven, Justice League Quarterly, DC: 52, Wonder Woman: Paradise Found, Villains United: Infinte Crises Special, Secret Six: Villains United, hingga Infinite Crisis Companion. Kalo diliat dari kemampuannya sih, Mbak Sujatmi bisa bantuin Menteri Susi buat jaga wilayah laut Indonesia nih!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest