Follow Us

Mau Kuliah Bisnis? Simak Nih Info Lengkap 10 Kampus Rekomendasinya

Rizki Ramadan - Jumat, 11 November 2016 | 10:45
Inilah Sekolah Bisnis Pertama, dan Satu-Satunya di Indonesia yang mendapatkan Akreditasi Internasional!
Rizki Ramadan

Inilah Sekolah Bisnis Pertama, dan Satu-Satunya di Indonesia yang mendapatkan Akreditasi Internasional!

(Penulis: Jeanett, Mery, Agassi, Luqman, Rasyid, Kiram)

Dari dulu sampai kapan pun, ahli bisnis itu selalu diperlukan. Apalagi sekarang ini indonesia ikut nyemplung juga di masyarakat ekonomi ASEAN (MEA). Persaingan kita dengan negara-negara ASEAN dalam urusan bisnis makin kenceng. Jiwa enterpreneurship diyakini bisa membuat kita nggak cuma bertahan, melainkan maju “menyerang”.

“(Di era MEA) Kalau cuma sibuk bertahan, Indonesia nggak akan berkembang. Kita juga perlu melakukan perluasan pasar, menciptakan peluang kerja baru di negeri lain. Mindset ini perlu dimiliki tiap siswa,” kata pak Suryadi, Pengamat Pendidikan dari UNJ

Yap, pemuda-pemuda dengan semangat bisnis itu bakal terus diperlukan. Di luar isu MEA pun, mengasah jiwa dan skill wirausaha itu emang perlu, dan tentunya seru. Gimana nggak, tiap enterpreneur itu terlatih hidup mandiri. Ide-ide bisnisnya nggak cuma nyangkut di kepala, melainkan bisa terwujud dan menghasilkan pendapatan yang bisa menunjang hidup. Kurang enak apa coba kalau bisa hidup dengan usaha kita sendiri? Apalagi kalau ditambah kebahagiaan karena bisa ikut menunjang pendapatan orang-orang lain. Berkah, bro!

“Di perusahaan, mereka yang punya skill bisnis itu otomatis diperlukan. Karena mereka pintar mencari celah. Pintar cari model bisnis yang menguntungkan untuk perusahaaan. Misalnya, kalau biasanya untuk menghasilkan profit Rp 1 juta butuh modal Rp 500 ribu, mereka yang punya jiwa bisnis pasti bisa tau caranya gimana biar modalnya cuma Rp 50 ribu,” kali ini pak Dino Martin, CEO Karir.com yang bicara.

Terus, kalau ngeliat tren, sekarang ini emang jurusan Bisnis lagi digemari banget. Hasilnya, kampusnya pun banget. Banyak kampus dengan jurusan bisnis muncul, bahkan kampus-kampus lama pun jadi membuka jurusan bisnisnya juga.

Dan nggak ada kampus yang nggak bilang kampusnya adalah yang terbaik. Karena itulah, HAI mencoba ngasih rekomendasi ke kamu. Kampus-kampus bisnis mana saja kah yang bisa jadi pilihan kita. Berdasarkan survei sana sini, dan minta rekomendasi sana-sini, ini dia:

International Undergraduate Program in Business, Universitas Gajah Mada: Terakreditasi Internasional

Salah satu kampus bisnis tertua di Indonesia yang lahir sejak tahun 1955 ini memiliki tujuan mulia yaitu ingin diakui dikancah dunia. UGM membuktikannya dengan memperoleh akreditasi internasional oleh The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB) pada Mei 2014 lalu

Di fakultas Ekonomika dan Bisnis pun kita bisa ngeliat, kalau ada satu program spesial di sini. Namanya, International Undergraduate Program (IUP).

“Jadi program IUP itu semacam Double Degree gitu pada semester 5 dan 6 kuliah kita dilanjutkan ke luar negeri dan gelarnya pun jadi dua, pertama dari UGM dan kedua dari kampus pilihan luar yang dipilih, lalu ada pula program pendukung seperti student exchange gitu,” ujar Tunjung Putri yang merupakan Jurusan Manajemen FEB UGM Angkatan 2013.

Tunjung Putri kini tengah menempuh Finance di France Business School, Perancis tersebut mengakui banyak sekali keuntungan yang didapat lewat IUP. Salah satunya pengalaman yang nggak didapet selama di Indonesia.

Selain peluang kerja di perusahaan multinasional besar, jebolan FEB UGM juga memiliki kesempatan emas untuk menjadi CEO atau Owner sebuah perusahaan setelah lulus karena dibekali ilmu Strategic Management dengan kurikulum yang mengandung 3 prinsip pokok yaitu Broad, Basic, dan Flexible.

Editor : Rizki Ramadan

PROMOTED CONTENT

Latest