Follow Us

Kepala SMAN 3 Jakarta Membenarkan Adanya Video Bullying

- Selasa, 03 Mei 2016 | 07:45
Tersebar Video Bully Belasan Siswi SMAN 3 Jakarta
Hai Online

Tersebar Video Bully Belasan Siswi SMAN 3 Jakarta

Kepala SMAN 3 Jakarta Ratna Budiarti membenarkan bahwa bullying itu dilakukan oleh para siswanya.

"Aksi bullying ada. Kami sedang mencari data dan menginvestigasi kasus. Kejadian pada Kamis saat pulang sekolah. Pelajar kelas X dibawa keluar sekolah oleh pelajar kelas XII," kata Ratna Budiarti dikutip Kompas.com Selasa (3/5). Menurut dia, seorang pelajar kelas X SMAN 3 berinisial A (15) mendapat perlakuan bullying dari empat senior kelas XII pada Kamis (28/4) sore, setelah pulang sekolah.

Saat ini, pihak sekolah sedang mengumpulkan informasi dengan para wali murid dan orang tua. Menurutnya, aksi itu tak sampai membuat korban terluka karena tak ada kekerasan yang mencederai siswa.

Sanksi untuk yang terlibat?

"Nanti, kami merundingkan sanksi kepada para pelajar yang melakukan aksi bullying. Karena memang, pelajar kelas XII sudah selesai mengikuti ujian dan KBM," kata dia.

Sebagai upaya memutus mata rantai aksi bullying di kalangan pelajar, kata dia, pihak sekolah sudah melaksanakan mulai dari orang tua sampai para alumni.

Dengan cara deklarasi gerakan yang menyatakan anti-bullying atau stop bullying now. Bahkan spanduk besar di depan sekolah tentang gerakan anti bullying itu sudah dipasang.

"Pada 28 Oktober 2015 berbarengan ulang tahun SMAN 3 ke-62 gerakan stop bullying sudah dilakukan. Memang kami kecolongan dan saat ini sedang kami lacak," tambahnya.

Sebelumnya

Telah tersebar video bullying yang dilakukan siswa SMA Negeri 3 Jakarta. Aksi itu terekam dalam video berdurasi 37 detik, yang diunggah sebelumnya dalam akun instagram milik @momoviyana dan mulai tersebar dalam beberap jam kemudian.

Dalam video tersebut, setidaknya ada belasan siswi yang kebanyakan dari mereka diikat rambutnya yang kemudian dipaksa menuruti keinginan para seniornya.

"Siapa yang ngomong? Nunduk!" teriak beberapa senior, terdengar ada suara siswa juga di sana.

Belasan siswi itu duduk, diam dan tertunduk mengalah mendengarkan para seniornya mengeluakan kata-kata kasar. Beberapa siswi di depan (perekam video) itu dibentak-bentak lalu ada yang diguyur air dari botol minuman dan ditaburi abu rokok yang berukuran cukup besar.

Nggak cuma itu aja, para senior juga memerintahkan salah satu juniornya untuk mengenakan bra di luar seragamnya dan diminta untuk mengisap rokok. Tak ayal, asap rokok tersebut membuat mata salah satu korban bullying perih dan terbatuk.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest