Follow Us

Lulus SMK Bisa Kerja dan Kuliah di Luar Negeri

- Rabu, 18 November 2015 | 04:45
SMK Media Kreatif sedang praktik di Kelas
Hai Online

SMK Media Kreatif sedang praktik di Kelas

Hari gini masih ngeliat sebelah mata anak SMK? Kurang banget asli lo... Mereka-mereka ini yang kalau di sekolah lebih banyak prakteknya punya skill yang mungkin sama atau lebih dari mahasiswa undergraduate atau S1. Cuma mungkin bisa dibilang yang lagi keren-kerennya itu adalah jurusan-jurusan SMK yang fokus di industri kreatif.

Tapi emang bener sih, jurusan-jurusan SMK yang fokus di bidang kreatif ini lagi diperhatiin banget di banyak perusahaan di bidang tersebut. Kayak yang dibilang sama Pak Ahmad Suryadi, pengamat pendidikan dan juga dosen Teknologi Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Industri kreatif itu sangat butuh anak-anak SMK, karena emang dasarnya butuh banyak banget orang.

”Kalau di industri pariwisata atau perhotelan, persaingannya cukup ketat dan ijazah serta transkrip itu suka diperhatikan. Segala macam dicek. Kalau industri kreatif, perusahaan itu nggak ngeliat ijazah. Industri kreatif itu sangat terbuka buat mereka yang ambil jurusan SMK di bidang ini,” tuturnya.

Masih kata Pak Suryadi, peluang kerja temen-temen SMK yang ambil jurusan di bidang industri kreatif itu nggak cuma terbuka di dalam negeri, tapi juga di luar negeri.

”Tenaga kreatif itu sangat dibutuhkan di berbagai bidang industri kreatif ya. Kalau di sekolah mereka kan jadi bisa belajar dan menekuni apa yang mereka suka. Misal menggambar, memotret, bikin animasi, semua yang mereka suka dan menyenangkan bisa dipelajari. Apalagi SMK itu memang dari awal diarahkan untuk kerja,” papar pria yang mengajar sering pakai batik ini.

”Apalagi anak-anak SMK itu dari awal mereka udah dibekali kemampuan atau skill yang lebih bagus. Sedangkan anak-anak SMA itu belajarnya lebih banyak,” tambahnya.

Percaya atau nggak, banyak kok lulusan SMK yang udah melanglang buana ke luar negeri dan juga berbagai daerah lainnya di Indonesia. Keren ya?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest