Follow Us

The Vaselines, Band Pop Favorit Kurt Cobain yang Lagunya Sering Dicover Nirvana

Ricky Nugraha - Rabu, 20 Februari 2019 | 13:30
The Vaselines saat tampil di tahun 2014
Wikipedia

The Vaselines saat tampil di tahun 2014

HAI-online.com - 20 Februari merupakan hari kelahiran dari mendiang vokalis Nirvana, sekaligus salah satu pionir musik grunge, Kurt Donald Cobain atau yang lebih dikenal dengan Kurt Cobain.

Kalau masih hidup, Kurt Cobain akan berusia 52 tahun pada hari ini. Untuk mengenangnya, HAI akan bahas salah satu band favorit dari Kurt Cobain yang juga cukup sering dicover oleh Nirvana, yaitu The Vaselines.

The Vaselines adalah band indie pop/alternatif rock asal Glasgow, Skotlandia yang terbentuk di tahun 1986. Band ini awalnya adalah proyek duo antara Eugene Kelly dan Frances McKee.

Duo ini sempat menambah dan bongkar pasang personel lain di mana mereka berdua masih menjadi personel aslinya.

Setahun setelah terbentuk, The Vaselines merilis sebuah EP berjudul 'Son of a Gun'.

Lagu "Son of a Gun" dalam EP tersebut kemudian dicover oleh Nirvana dan dimasukkan ke dalam album kompilasi 'Insecticide' bersama dengan lagu "Molly's Lips".

Baca Juga : Ucapan Ulang Tahun Termanis untuk Kurt Cobain dari Masa ke Masa

"Molly's Lips" adalah lagu milik The Vaselines yang terdapat dalam EP kedua mereka berjudul 'Dying for It' yang rilis di tahun 1988. Dalam EP ini juga terdapat lagu "Jesus Wants Me for a Sunbeam" yang kemudian di-cover Nirvana dalam MTV Unplugged in New York.

Setelah itu di 1989, The Vaselines merilis album pertama berjudul 'Dum-Dum'. Namun nggak lama, The Vaselines malah memutuskan untuk bubar.

Meski The Vaselines nggak terlalu terkenal di luar Skotlandia selama karier mereka yang singkat, hubungan mereka dengan Nirvana menghadirkan sorotan tersendiri bagi The Vaselines.

Kurt Cobain bahkan pernah mendeskripsikan Eugene Kelly dan Frances McKee sebagai penulis lagu terfavoritnya di seluruh dunia.

Source : Wikipedia

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest