Follow Us

Anjing Ternyata Bisa Dilatih Untuk Mendeteksi Kanker Dengan Mencium Air Liur

Rizki Ramadan - Minggu, 17 Februari 2019 | 11:36
Penciuman anjing
iStockphoto

Penciuman anjing

HAI-online.com - Indra penciuman anjing bisa membuatnya tak hanya sebagai sahabat manusia saja, tetapi juga penolong.

Di Israel, beberapa anjing udah dilatih biar bisa mendeteksi kanker dengan mengendus air liur sesesorang doang, sob. Anjing dianggap punya kemampuan untuk mendeteksi aroma penyakit dalam tubuh manusia.

Jenis anjing yang digunakan adalah Labrador, Spaniel, dan Vizsla Hungaria, dengan tingkat akurasi senilai 93%.

Di masa depan, tes kanker ini diharap bisa mendeteksi kanker lebih awal sehingga orang yang udah positif terkena kanker bisa mendapat pengobatan lebih awal juga.

Di Israel, seseorang bisa mengirimkan sampel air liurnya ke perusahaan bernama Prognose 220 Mill. Nantinya, anjing yang mereka latih akan mengendus air liur tersebut. Biaya untuk melakukan tes ini adalah 399 Shekel atau senilai Rp 1,5 juta.

Baca Juga : Terungkap, Ternyata Orang Buta Bisa Mencium dan Mengecap Saat Mimpi

Cara mengidentifikasinya adalah dengan melihat perilaku anjing setelah mengendus. Jika ia diam, maka ia menemukan kanker di air liur tadi.

Salah satu orang bernama Yael Dror Alon sudah mencobanya. Ia sempat dinyatakan bebas kanker oleh dokter, namun berdasarkan deteksi anjing, tes menunjukkan ia masih positif kanker.

Selain Israel, percobaan deteksi kanker menggunakan anjing sempat dicoba di Inggris dengan mendeteksi napas manusia. Organisasi Medical Detection Dogs dan rumah sakit Milton Keynes bekerja sama untuk melalukan percobaan menggunakan sembilan ekor anjing.

Tes ini juga diharapkan dapat dikembangkan untuk mendeteksi penyakit lainnya seperti Parkinson dan Malaria.

Artikel ini sebelumnya tayang di National Geographic Indonesia dengan judul Anjing-anjing Ini Dilatih untuk Mendeteksi Kanker Melalui Air Liur

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest