Follow Us

Masih Ogah ke Museum Maritim? Visual Sejarah Pelabuhan Indonesia dari Masa ke Masa Ada di Sana

Fadli Adzani - Kamis, 07 Februari 2019 | 09:35
Museum Maritim di Tanjung Priok
Kompas/Ardhito Ramadhan

Museum Maritim di Tanjung Priok

HAI-ONLINE.COM - Sebagai negara yang dikelilingi lautan luas nan indah, tentu saja, sejarah Indonesia akan pelabuhan sangat kaya. Namun sayang, anak-anak muda zaman sekarang masih belum banyak tau tentang kerennya sejarah pelabuhan di Indonesia.

Walau demikian, jangan khawatir. Buat kamu anak-anak muda yang ingin mempelajari tentang lokasi objek wisata yang memiliki pelabuhan-pelabuhan keren, kini sudah ada Museum Maritim di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara!

Museum ini sudah melewati tahap soft launching pada 7 Desember 2018 silam. Namun, Museum Maritim baru secara resmi bakal dibuka pada Juli 2019!

Baca Juga : 5 Fakta Seputar Teror Kain Api yang Marak Terjadi di Semarang

Walau belum rampung dibuat, Museum Maritim sudah terlihat sangat rapi dari sisi gedungnya, sehingga kamu sebenarnya sudah bisa masuk, walau mungkin bagian dalam belum selesai 100 persen. Dulunya, gedung ini digunakan sebagai Kantor Pengelola Pelabuhan.

"Secara bentuk bangunan museum ini sudah siap. Hanya saja kami memang melakukan finishing agar siap menerima wisatawan nantinya," kata Kepala Museum Maritim Tania Budiati.

Gedung ini dilengkapi dengan beberapa ruangan; di bagian depan pengunjung akan langsung dapat melihat tangga lebar dengan hiasan yang menggambarkan pelabuhan tempo dulu alias jadul. Visual dari gedung ini juga sangat apik!

Di sisi kiri gedung pengunjung bisa melihat toko souvenir yang menyediakan berbagai bentuk barang terkait pelabuhan dan maritim.

Di sisi kanan, kamu bisa melihat ruang pameran, di mana ada foto-foto pelabuhan dan kelautan dari tahun 1850 hingga 2018. Ada juga video dokumenter tentang kelautan dan dermaga yang diputar.

Di Museum Maritim juga tersedia miniature crane jadul, berbagai bentuk alat navigasi, peta jalur perdagangan nusantara, perangkat keamanan laut, hingga peralatan pelabuhan.

"Nanti sekitar bulan Juli diharapkan sudah lengkap dan lebih rapi, jadi pengunjung akan menikmati wisata sejarah di tempat ini," lanjut Tinia.

Walau belum selesai dirampungkan, kamu bisa datang ke Museum Maritim setiap hari Selasa hingga Jumat mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB. Sebelum grand launching, kamu bisa gratis masuk ke Museum Maritim! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest