Follow Us

Arian 13: Banyak Pasal Karet, RUU Permusikan Itu Nggak Perlu!

Ricky Nugraha - Kamis, 31 Januari 2019 | 15:47
Arian 13
Rigel Haryanto

Arian 13

HAI-online.com - RUU (Rancangan Undang-Undang) Permusikan akhir-akhir ini jadi sorotan para musisi Indonesia karena dinilai nggak relevan dan justru membatasi kreativitas para musisi dan pekerja seni.

Salah satu musisi yang menentang RUU Permusikan adalah vokalis Seringai, Arian 13. Lewat akun Twitter miliknya, ia mengungkapkan sejumlah kritik terkait RUU yang dirancang pada 15 Agustus 2018 ini.

Menurut Arian, RUU Permusikan itu nggak perlu. Ia mengatakan kalau masalah dalam industri musik, hak cipta, perdagangan dan masalah lainnya sudah ada Undang-Undang-nya sendiri, dan tinggal disempurnakan saja.

Baca Juga : Cholil ‘Efek Rumah Kaca’ Bahas RUU Permusikan: Musisi Nggak Bisa Hidup Kalo Punya Keterbatasan Berekspresi

RUU Permusikan juga disebut mengandung banyak pasal-pasal karet yang justru bisa mengekang para musisi, yang mana di negara-negara lain nggak ada UU sejenis karena memang nggak diperlukan.

Arian menambahkan kalau Pasal 5 dan 50 dalam RUU Permusikan juga sudah bertentangan dengan Pasal 28 UUD 1945 yang berbunyi: "Kemerdekaan berserikat dan berkumpul, mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dan sebagainya ditetapkan dengan undang-undang."

Baca Juga : Pasal Karet RUU Permusikan Bisa Bikin Peristiwa Koes Plus Dipenjara Terulang

Pasal 5 dan 50 dari RUU Permusikan yang dimaksud Arian tersebut mengandung beberapa larangan untuk musisi, seperti membawa budaya barat yang negatif, merendahkan harkat martabat, menistakan agama, membuat konten pornografi hingga membuat musik provokatif.

Pasal 42 RUU Permusikan yang berbunyi: "Pelaku usaha di bidang perhotelan, restauran, atau tempat hiburan lainnya wajib memainkan Musik Tradisional di tempat usahanya", juga nggak luput dari sorotannya.

Arian menyindir, "berarti nanti kalau RUU ini sah, bar-bar & klub-klub harus pasang musik tradisonal saja kalau gak melanggar UU dan ditindak aparat. LOL."

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest