Follow Us

Muncul Bug Baru yang Lebih Berbahaya, Penutupan 'Google+' Dipercepat

Bayu Galih Permana - Rabu, 12 Desember 2018 | 19:00
Ilustrasi Google+
iStock Editorial

Ilustrasi Google+

HAI-Online.com - Seperti yang udah diberitain HAI sebelumnya, salah satu media sosial besutan Google 'Google+' akan segera ditutup karena munculnya dugaan mengenai kebocoran data dari sekitar 500 ribu penggunanya.

Baru-baru ini, Google mengumumkan bahwa pihaknya bakal mempercepat penutupan Google+ yang semula direncanakan akan dilakukan pada Agustus tahun depan menjadi bulan April 2019.

Keputusan ini diambil setelah celah keamanan (bug) yang ada pada Google+ mengalami pertumbuhan penetrasi dengan cepat dan nggak sesuai dengan ekspektasi mereka sebelumnya.

Bahkan, muncul sebuah bug baru yang lebih berpotensi membahayakan keamanan 52,5 juta data pengguna yang terafiliasi pada antarmuka pemograman aplikasi (APi) Google+ setelah pihaknya sudah mencoba untuk menutup celah keamanan sebelumnya.

Baca Juga : Bye-bye Poni! Samsung Perkenalkan Smartphone dengan Kamera di Layar

"Kami menemukan ada implikasi ke para pengembang, tetapi kami juga akan memastikan perlindungan untuk pengguna,” kata Vice President of Product G Suite, David Thacker seperti yang dilansir HAI dari Kompas.com.

Dilansir dari Venture Beat, nggak cuma mempercepat penutupan media sosial besutannya, Google pun juga mematikan API Google+ dalam jangka waktu setidaknya sampai dengan 90 hari ke depan.

Nah, buat kamu yang sampai saat ini masih main Google+ mending mulai sekarang langsung berhenti dan backup data-datamu deh daripada nantinya muncul bug yang lebih parah lagi.

Caranya gimana? Yuk langsung simak aja di bawah ini!

1. Klik pada bagian kiri atas akun Google+ milikmu, nantinya akan muncul beberapa pilihan dan klik pada menu bantuan.

2. Setelah itu akan muncul kolom bertuliskan 'jelaskan masalah anda', kalian tulis aja 'data liberation' di kolom yang tersedia.

3. Pada hasil pencarian, nantinya akan muncul 'Download your Google+ data', klik di situ, sebelum nantinya akan muncul hyperlink 'Google Takeout' yang nantinya bisa kalian gunain buat nge-back up data.

Ya semoga aja masalah ini bisa segera diselesaikan Google ya sob! Apalagi kalau emang bener data-data pengguna dicuri dengan adanya bug baru tersebut, mending buruan aja deh ditutup, bener nggak? (*)

Source : Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest