Follow Us

Begini Cara Instagram Bantu Tunanetra untuk Melihat Postingan

Ricky Nugraha - Jumat, 30 November 2018 | 14:24
Ilustrasi tunanetra
iStockphoto

Ilustrasi tunanetra

HAI-online.com - Instagram baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka tengah meluncurkan fitur baru yang memudahkan aplikasi ini digunakan untuk pengguna yang memiliki keterbatasan visual (tunanetra).

Fitur ini akan bersinergi dengan pembaca layar atau screen readers yang merupakan software untuk mendeskripsikan elemen-elemen yang ditampilkan di layar.

Fitur tersebut memungkinkan pembaca layar untuk mendeskripsikan foto, baik secara otomatis menggunakan AI atau dengan deskripsi bacaan yang dibuat sendiri oleh para pengguna.

Deskripsi ini dikenal sebagai "alt text", yang sudah banyak digunakan secara online dan kini mulai diterapkan di Instagram yang merupakan media sosial untuk berbagi foto.

Para pengguna dapat memberikan deskripsi foto sendiri supaya para pengguna yang menggunakan pembaca layar bisa mendengar deskripsi tersebut dibacakan saat mereka browsing feed, halaman Explore, atau profil suatu akun.

Baca Juga : Awas! 8 Aplikasi Android Ini Ternyata Diam-Diam Mencuri Data kamu Lho!

Jika nggak ada deskripsi dalam foto tersebut, Instagram akan secara otomatis mengidentifikasikan apa yang ada dalam foto tersebut menggunakan teknologi pengenalan objek, kemudian dibacakan kepada penggunanya.

Fitur
Instagram

Fitur

Deskripsi dalam "alt text" ini nggak akan terlihat, dan para pengguna harus membuka pengaturan "advanced settings" di foto untuk menyertakannya.

Meski ini pertama kalinya diterapkan Instagram, namun Facebook telah menggunakan fitur ini sudah cukup lama.

Video di bawah ini akan memberikan gambaran yang cukup bagus bagaimana orang-orang dengan gangguan pengelihatan menggunakan Instagram sampai sekarang.

(*)

Source : The Verge

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest