Follow Us

Microsoft Niat Bikin Kontroler ala Xbox Untuk Smartphone

Ricky Nugraha - Kamis, 01 November 2018 | 19:48
Konsep kontroler smartphone buatan Microsoft
Microsoft Research

Konsep kontroler smartphone buatan Microsoft

HAI-online.com - Mobile gaming dengan menggunakan perangkat smartphone kini makin populer. Sejumlah pabrikan pun kini berlomba-lomba merilis perangkat smartphone yang khusus dirancang untuk game.

Microsoft pun nggak mau ketinggalan untuk mengikuti tren tersebut. Meski bukan membuat smartphone gaming, namun baru-baru ini Microsoft dikabarkan tengah membuat aksesori kontroler game untuk digunakan pada smartphone atau tablet saat bermain.

Hal ini terkuak dari paper penelitian yang dipublikasikan Microsoft Research, soal eksperimen dengan konsep controller mobile gaming.

Di dalamnya, Microsoft Research memaparkan keterbatasan touchscreen di smartphone dan tablet yang kurang nyaman untuk memainkan game.

Baca Juga : Merasa Bosan? Coba Main 4 Game Aneh yang Ada di Android Yuk

Lalu, konsol mobile Nintendo Switch mereka sebut telah berhasil mengatasi keterbatasan touchscreen dengan menambah kontroler fisik di sisi-sisi layar.

Wujud perangkatnya sendiri nampaknya akan mirip kontroler konsol game Xbox buatan Microsoft. Kontroler ini dapat direntangkan atau terbagi dua untuk ditempatkan di sisi kiri dan kanan yang mengapit layar smartphone.

Konsep kontroler smartphone buatan Microsoft
Microsoft Research

Konsep kontroler smartphone buatan Microsoft

Microsoft pun kabarnya telah membuat prototype kontroler game untuk smartphone ini, seperti pada gambar di atas.

Untuk penelitian Microsoft seputar kontroler game mobile sebenarnya sudah dilakukan sejak 2014, tapi baru belakangan kembali muncul, dipicu kesuksesan Nitendo Switch di pasaran.

Meski begitu, kontroler tersebut sejauh ini masih berupa konsep. Belum jelas kapankah akan hadir di pasaran dan apakah wujudnya nanti tetap seperti itu.

Source : IGN, Kompas.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest