Follow Us

Ada Tombol On Off-nya, Ini Dia Helm Anti Begal Karya Anak SMK!

HAI Internship - Kamis, 27 September 2018 | 13:30
Siswa SMKN 1 Purworejo mempraktikan teknologi helm anti begal
Stanly Ravel

Siswa SMKN 1 Purworejo mempraktikan teknologi helm anti begal

HAI-Online.com - Inovasi keren kembali diciptakan sama siswa SMK nih, sob. Tepatnya Gede Bagus dan Agung Budi yang merupakan siswa SMKN 1 Purworejo. Mereka menciptakan helm anti begal!

Helm yang menggunakan sistem mikrokontroler, helm tersebut terkoneksi dengan sistem kelistrikan yang ada pada motor. Nantinya, pas begal merampas motor, kita tinggal menekan tombol yang ada pada helm untuk mematikan sistem kelistrikan motor.

"Tombol tersebut mengirim sinyal frekuensi ke modul yang ada di sepeda motor dan seketika mematikan kelistrikan serta membunyikan sirine pada motor untuk menarik perhatian orang sekitar," kata Eko Wahyu selaku guru pembimbing jurusan Teknik Kendaraan-Bermotor Ringan (TKR) SMKN 1 Purworejo.

Baca Juga : Ogah Ikut Tawuran, Pelajar SMK Jakarta Timur Dibacok Oleh Alumni

Nantinya sinyal yang dikirim dari helm bisa menjangkau sampai 50 meter. Sinyal tersebut memberikan perintah untuk memarikan kelistrikan dari koil yang ada pada sepeda motor. Dan nggak bakal bisa hidup kembali sebelum tombol pada helm dimatikan.

"Saya berdua merancang dan bikin ini karena sempat marak aksi begal di jalan raya. Idenya saya tempatkan pada helm karena memang pelaku begal biasanya hanya ambil motor saja sedangkan helm tetap dipakai korban," kata Agung.

Teknologi ini sendiri masih dalam perkembangan. Eko dan Agung masih menyempurnakannya dan proses paten masih berlangsung. Mereka berharap bahwa helm ini bisa diproduksi secara massal dan digunakan pada segala jenis helm.

Wah, keren banget ya, sob! Kalo gini sih, nggak usah khawatir motor raib karena begal lagi! (*)

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa/HAI

Source : Kompas Otomotif

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest