Follow Us

Cerita Asal Usul Game Dinosaurus Loncat di Chrome saat "Offline"

Ricky Nugraha - Selasa, 11 September 2018 | 12:33
Game dinosaurus di Google Chrome edisi ulang tahun keempat
Google

Game dinosaurus di Google Chrome edisi ulang tahun keempat

HAI-online.com - Jika koneksi internet mendadak putus saat membuka laman Google Chrome, seekor dinosaurus dalam bentuk piksel tiba-tiba muncul untuk "menghibur" para penggunanya yang kecewa.

Banyak yang kesal namun ada juga yang "iseng" memainkan game dinosaurus loncat itu untuk mengatasi kebosanan, dan mengukur sejauh mana ia bisa melompat melewati kaktus.

Cara memainkannya pun mudah si dino hanya cukup melewati kaktus demi kaktus dengan melompat menggunakan tombol spasi. Tapi kenapa yang dipilih dinosaurus?

"Game itu mengingatkan zaman pra sejarah sebelum ada Wi-Fi dimana-mana," jelas perancang game dinosaurus loncat di Google Chrome, Sebastien Gabriel.

Dalam ulang tahun game dinosaurus yang keempat, Gabriel menjelaskan jika latar belakang kaktus dan gurun adalah iterasi dari laman "Anda sedang offline", sementara gaya visual game dinosaurus adalah ciri khas Google Chrome saat ada masalah.

BACA JUGA: Gabut? Nih 5 Permainan Klasik yang Bisa Lo Mainin di Google Search

Game dinosaurus pertama muncul pada September 2014. Gabriel menjelaskan bahwa proyek game ini semula bernama "Project Bolan", merujuk pada Marc Bolan, vokalis band rock '70-an asal Inggris, T-Rex.

Dilansir KompasTekno dari The Next Web, Senin (10/9/2018), awalnya game dinosaurus ini gagal berjalan di perangkat Android khususnya versi lawas, tapi saat ini sudah berekspansi ke berbagai paltform.

Berdasarkan teknisi UX Chrome, Edward Jung, 270 juta game dino Chrome dimainkan tiap bulannya, baik via desktop maupun mobile.

Pemainnya kebanyakan berasal dari negara dengan koneksivitas internet rendah, seperti India, Brazil, Meksiko termasuk Indonesia.

Si dinosaurus selalu muncul setiap kali internet offline. Namun jika ingin memainkannya sekarang tanpa menunggu internet terputus, kalian bisa mengunjungi tautan chrome://dino di browser.

Karena masih dalam rangka perayaan ulang tahunnya, si dino harus memakan kue warna warni dilengkapi dengan topi ulang tahun. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cerita di Balik Game Dinosaurus Loncat di Chrome saat 'Offline'".

Source : Kompas.com, The Next Web

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest