Follow Us

Mengenal Vexillologi, Ilmu yang Secara Khusus Mempelajari Bendera

None - Minggu, 26 Agustus 2018 | 17:15
Ilustrasi bendera berbagai negara
pexels

Ilustrasi bendera berbagai negara

HAI-ONLINE.COM - Bendera jadi salah satu benda yang berkaitan erat dengan sebuah negara atau organisasi.Tapi tau nggak, ternyata ada ilmu yang secara khusus mempelajari bendera, lho!Ilmu ini dinamakan dengan vexillologi.

Berkembang dari Ilmu Lambang KerajaanVexillologi berasal dari bahasa latin vexillum yang berarti bendera dan logos yang artinya ilmu.Vexillologi adalah ilmu yang dikembangkan dari ilmu heraldik atau ilmu yang mempelajari lambang kerajaan.Ilmu ini diperkenalkan oleh peneliti Amerika, Whitney Smith, pada tahun 1957.

Baca Juga: Dari Tawuran Sampai Bullying, Ini Jawaban Senior Tentang Hal-hal Yang Ditakuti Junior di SMA

Belajar Desain Hingga MaknaSebuah bendera ternyata memiliki beberapa elemen. Elemen inilah yang dibahas pada ilmu vexillologi.Misalnya, elemen panjang dan lebar bendera yang didapatkan ketika kita melipat bendera jadi dua bagian.Sisi terdekat dengan tiang disebut sisi kerekan, dan sisi lain disebut sisi kibar.Adapun elemen garis yang membagi dua warna bendera disebut dengan fimbriasi.Nggak hanya elemen desain, makna bendera dan setiap bagiannya juga dipelajari secara mendalam dalam ilmu vexillologi ini.

Simbol Khusus

Untuk memudahkan penggunaan istilah, para ahli ilmu bendera menggunakan sebuah simbol khusus.Simbol ini disebut Simbol Identifikasi Bendera Internasional.Simbol ini dibentuk dari elemen garis halus dan titik hitam bulat yang disepakati secara internasional.

Situs Belajar VexillologiNah, kalau kamu tertarik mempelajari ilmu vexillologi ini, kamu bisa mempelajarinya secara online.Salah satu website yang menyediakannya adalah Flags of The World.Di sini, kamu bisa belajar tentang seluruh bendera yang pernah berkibar di dunia, lho!Wow, keren, kan?

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Ternyata Ada Ilmu Khusus yang Mempelajari Bendera, lo! Sudah Tahu?"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest