Follow Us

7 Makanan yang Wajib Dibawa Kalo Bakal Pergi Lama, Bisa Buat Darurat!

- Minggu, 26 Agustus 2018 | 14:15
Madu

Madu

HAI-ONLINE.COM - Setelah 106 tahun, kue buah milik Kapten Scott yang melakukan ekspedisi pada 1911, ditemukan tahun lalu di Antartika. Para peneliti mengatakan, kue tersebut memiliki wangi yang tetap enak dan tampaknya masih bisa ‘dimakan’.Penemuan tersebut menimbulkan satu pertanyaan, benarkah ada makanan yang bisa bertahan sebegitu lamanya? Jawabannya, ada.Berikut di antaranya:

Madu Pada 2015, para arkeolog melaporkan bahwa mereka telah menemukan madu berusia 3000 tahun saat menggali makam kuno di Mesir. Dan menurut mereka, itu masih bisa dimakan.Alasan mengapa kondisi madu masih sangat baik mungkin karena kandungannya. Madu memiliki sedikit air dan gula yang tinggi. Dengan begitu, bakteri nggak dapat berkembang di dalamnya.Madu juga mengandung hidrogen peroksida yang menghambat pertumbuhan mikrob.

Baca Juga: Dari Tawuran Sampai Bullying, Ini Jawaban Senior Tentang Hal-hal Yang Ditakuti Junior di SMA

Kecap asinKecap memiliki potensi untuk bertahan senggaknya selama tiga tahun. Kombinasi dari kandungan garam dan kedelai fermentasi membuatnya bisa memiliki umur panjang.Seberapa lama kecap akan bertahan bergantung pada jenis dan di suhu seperti apa ia akan disimpan setelah dibuka.Hal yang memungkinkan kecap nggak awet adalah jamur yang tumbuh di sekitar tutupnya. Oleh sebab itu, ia harus disimpan di tempat yang benar.

Cuka

Bahannya yang asam, secara tradisional dibuat dengan bakteri Acetobacter untuk memfermentasinya, membuat bakteri sulit tumbuh pada cuka sehingga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Sementara cuka putih nggak akan berubah hampir selamanya, jenis cuka lain mungkin akan berubah warna atau memproduksi ampas. Meski begitu, itu nggak akan memengaruhi keamanan produk, hanya pada penampilan dan rasa.Nasi putihNasi putih yang disimpan selama 30 tahun di dalam kaleng, ternyata masih bisa dimakan setelah melalui tes. Kunci keawetannya adalah atmosfer dan suhu.Beberapa studi melaporkan bahwa suhu rendah (sekitar 3 derajat celsius) dan kurangnya oksigen berberan penting pada umur panjang nasi.Sementara itu, nasi cokelat yang sering dianggap lebih sehat, ternyata nggak tahan lama. Serat padinya mengandung lemak tak jenuh yang bisa berubah jadi tengik. Jadi, kalo nasi cokelat sudah berminyak dan bau, lebih baik segera membuangnya.Cokelat hitamTambahan susu dalam cokelat bisa mengurangi ketahanan hidupnya. Namun, cokelat hitam yang benar-benar murni tanpa campuran apa pun, bisa berumur lebih lama.Kalo disimpan pada suhu yang konstan, cokelat dapat bertahan hingga dua tahun atau lebih.

Gula dan garamKebanyakan makanan yang bertahan lama, mengandung gula dan garam. Secara sederhana, kedua hal ini menarik air ke luar, jadi kalo bakteri mencoba tumbuh di atasnya, mereka akan langsung mengerut.Apabila gula dan garam disimpan di tempat yang nggak lembap dan kedap udara, mereka akan bertahan tanpa batas waktu. Namun, bahan pengawet seperti yodium yang ditambahkan ke garam, dapat mengurangi umurnya hingga lima tahun.

Artikel ini pertama kali tayang di National Geographic Indonesia dengan judul "Tujuh Makanan yang Bisa Bertahan Dalam Waktu Sangat Lama, Apa Sajakah?"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular