Follow Us

Fitur Email Rahasia di Akun Gmail Ini Bikin Kita Mirip Agen Rahasia

Dio Firdaus - Selasa, 21 Agustus 2018 | 09:17
Confidential mode Gmail

Confidential mode Gmail

HAI-ONLINE.COM- Beberapa waktu yang lalu, kita bisa merasakan perubahan besar-besaran yang Google berikan pada Gmail. Salah satunya adalah fitur surat rahasia di mana email-email bisa langsung terhapus sendiri setelah dibaca dalam waktu yang ditentukan.

Fitur ini saat ini telah dirilis untuk semua layanan Gmail di Android, iOS, maupun di desktop. Fitur tersebut muncul dengan nama confidential mode di jendela pembuatan email.

Lewat fitur ini kita bisa menentukan batas waktu agar email bisa terhapus dengan sendirinya. Jangka waktunya antara lain sehari, seminggu, sebulan hingga paling lama lima tahun.

BACA JUGA: Nick Fury dan Agent Hill Akan Muncul Dalam Spider-Man: Far From Home

Menurut berita yang HAI kutip dari Digit.in, apabila kita mengaktifkan fitur ini, maka penerima email nggak bisa meneruskan, copy-paste, mengunduh atau mencetak email yang bersangkutan. Waduh, bisa buat ngirim pesan rahasia nih ya berarti.

Karena ini surat rahasia, kita pun bisa meminta sang penerima untuk mengonfirmasi identitasnya terlebih dahulu via kode pesan yang dikirim lewat SMS. Mekanismenya, ketika mode ini aktif, Gmail akan mengirim email namun nggak seutuhnya.

Jika kita mengaktifkan opsi untuk menggunakan SMS Passcode untuk membuka pesan, maka sang penerima email akan mendapatkan sms berupa kode sandi untuk membuka surat rahasia tersebut.

Selain itu, kita sebagai pengirim pun juga memiliki keleluasaan apakah pesat tersebut akan dihapus sebelum batas waktu atau nggak.

Kalau begini sih, mau kirim tugas presentasi ke temen bakal berasa ngasih kode nuklir ke agen rahasia, sob. hahaha. (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular