Follow Us

Menurut Penelitian, Cowok Lebih Jago Matematika daripada Cewek. Setuju?

HAI Internship - Kamis, 16 Agustus 2018 | 18:04
Pelajar sedang mengerjakan tugas matematika
iStockphoto

Pelajar sedang mengerjakan tugas matematika

HAI-Online.com - Menurut Psikolog Colleen Ganley, secara umum anak laki-laki sering mengungguli anak perempuan pada persoalan di luar materi sekolah. Tapi muncul sebuah penelitian meta-analisis terbaru yang bilang kalo anak laki-laki juga lebih jago dalam hal matematika kompleks daripada anak perempuan, sob.

Tapi, hal yang berbeda terlihat kalau permasalahan matematika menggunakan prosedur tertentu. Nggak ada perbedaan siginifikan antara laki-laki dan perempuan.

Ada beberapa faktor yang berdampak pada cukup berbedanya hasil penelitian yang dilakukan. Misalnya, ada dua studi terbaru yang menemukan kalo nggaka da tuh, pengaruh jenis kelamin dengan keterampilan angka dasar pada anak-anak.

BACA JUGA: Ketika Senior Menjawab Hal-hal Yang Ditakuti Anak Baru Di Sekolah

Lalu, ada juga penelitian yang dilakukan terhadap pelajar sekolah dan kuliah. Hasilnya sih emang ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan dalam bidang kinerja matematika. Tapi perbedaannya kecil banget, cuman sekitar 0,1-0,3 standar deviasi yang terpisah satu sama lain.

Dari hasil tersebut, bisa kelihatan kalo ternyata anak laki-laki dan perempuan sebenernya nggak beda jauh dalam hal kinerja matematika. Tapi, adanya perbedaan respons antara laki-laki dan perempuan juga cukup terlihat dan berpengaruh, sob.

Menurut peneliti, anak perempuan biasanya punya sikap yang kurang positif pas menghadapi soal matematika. Perempuan biasanya lebih cemas dan kurang percaya diri daripada laki-laki.

Makanya, walaupun kemampuan laki-laki dan perempuan punya kemampuan yang sama, perempuan biasanya kurang yakin sama diri mereka sendiri. Itu yang akhirnya bikin beberapa penelitian menunjukan kalao anak laki-laki lebih punya kemampuan dalam hal matematika.

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : national geographic indonesia

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest