Follow Us

Gawat! Suhu Panas Bumi Bakal Melebihi Batas Normal 4 Tahun Mendatang

Bayu Galih Permana - Jumat, 17 Agustus 2018 | 05:05
Gawat! Suhu Panas Bumi Bakal Melebihi Batas Normal 4 Tahun Mendatang

Gawat! Suhu Panas Bumi Bakal Melebihi Batas Normal 4 Tahun Mendatang

HAI-Online.com - Pada ngerasa nggak sih sob kalo cuaca akhir-akhir ini berasa panas banget kalo siang hari sob? Tapi menurut para peneliti, suhu dalam empat tahun mendatangkan diprediksikan akan lebih ekstrim lagi loh.

Bahkan, sebuah studi terbaru menyatakan bahwa cuaca dalam empat tahun ke depan bisa menjadi lebih panas dan melebihi batas normal.

Jadi sob, para peneliti dari French National Center for Scientific Research (CNRS), University of Southampton, dan Royal Netherlands Meteorological Institute, menciptakan sebuah sistem baru untuk memprediksi skenario iklim yang berbeda dari metode simulasi tradisional.

BACA JUGA: Gilanya Gelombang Panas di Eropa: Aspal Meleleh di Belanda!

Metode baru ini juga dapat menghitung simulasi hanya dalam seperseratus detik di laptop, sementara pemodelan lainnya memakan waktu hingga satu minggu untuk mendapatkan hasilnya.

Hasilnya, sistem tersebut memprediksikan bahwa dalam beberapa tahun lagi, frekuensi suhu dingin akan menurun secara signifikan dan badai tropis meningkat, dan cuaca sangat panas akan terjadi sepanjang tahun 2018 hingga 2022.

Para penelitii pun yakin bahwa metode mereka cukup akurat dan bisa diandalkan dan apa yang terjadi di masa depan mungkin bisa lebih parah dari perkiraan sebelumnya, tergantung pada emisi karbon dari aktivitas manusia.

Mereka juga memiliki rencana nih buat menyempurnakan metode statistiknya agar bisa membuat prediksi regional dan mampu memperkirakan tingkat curah hujan yang bakalan terjadi di masa depan.

CEK JUGA:

Waduh ngeri juga, sekarang aja udah panas banget sob terus gimana jadinya empat tahun ke depan?

Makanya, mulai dari sekarang kita rawat alam kita yuk meskipun nggak terlalu berpengaruh banyak dalam waktu dekat, seenggaknya bisa mencegah pemanasan global semakin parah, setuju? (*)

Source : Earth.com

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest