Follow Us

Menghitung Penghasilan Selebgram: Setahun Bisa Jadi Juragan Tanah

Alvin Bahar - Selasa, 07 Agustus 2018 | 14:15
Ilustrasu
GoodFreePhotos

Ilustrasu

HAI-ONLINE.COM - Instagram, kini jadi media sosial yang kian digemari. Nggak hanya anak muda, banyak pula orang tua dengan umur 30 – 40 yang aktif memainkan medsos ini lho. Perkembangan Instagram bisa dikatakan begitu pesat. Menurut data yang dirilis oleh Wearesocial.net dan Hootsuite, tahun 2018 jumlah pengguna Instagram sudah mencapai 53 juta jiwa pada Januari 2018.Fenomena membludaknya pengguna Instagram ini ternyata juga dimanfaatkan oleh sebagian masyarakat khususnya oleh mereka yang disebut sebagai selebgram (selebriti Instagram). Kehadiran mereka berbeda dari artis di layar kaca, selebgram memiliki kedekatan yang lebih dengan para pengikutnya. Hal ini lantaran mereka menampilkan kegiatan sehari-hari yang nggak bisa tersentuh artis layar kaca.

Cek: Ternyata Udah Ada Instagram Lite Lho, Tapi Masih Sebatas Uji Coba SihNggak jarang, para selebgram ini juga langsung berinteraksi lewat kolom komentar dengan pengikutnya. Dengan ratusan ribu dan jutaan pengikut setianya, perusahaan-perusahaan besar pun mulai melirik selebgram untuk mempromosikan produk mereka. Bisnis endorsement yang digerakkan para selebgram kemudian jadi ladang bisnis yang menggiurkan.

Kalo ditelisik, ternyata penghasilan yang didapatkan dari bisnis endorsement ini cukup menggiurkan, lihat saja rate card selebgram Awkarin, berdasarkan akun official management Awkarin menyebutkan, tarif untuk satu kali posting endorsement dipatok seharga Rp 4 juta per posting. Kalo melihat nominal, memang nggak menampik apabila kini banyak sekali anak–anak muda generasi penerus bangsa yang bercita – cita jadi selebgram karena bisa terkenal dan mendapatkan uang dengan mudah.

Dengan “gaji” mereka yang begitu besar, akan lebih bijak apabila digunakan untuk investasi. Misalnya, investasi properti, khususnya rumah, tanah atau apartemen.Dari siaran pers yang HAI dapatkan dari Lamudi, sebuah situs informasi properti, penghasilan selebgram bisa digunakan untuk berinvestasi di bidang properti.Bayangkan, misalnya kamu adalah seorang selebgram dengan followers lebih dari 1 juta pengikut dan menerapkan tarif endorsement sekitar Rp 4 juta per posting. Dalam satu minggu, kamu menerima 7 produk untuk dipublish per harinya. Dari situ saja, kamu sudah bisa meraup Rp 28 juta. Kalo dilihat per bulan tentu lebih mencengangkan lagi yaitu Rp 112 juta.Kalo dalam 3 bulan kamu terus menerus melakoni dan menekuni pekerjaan selebgram seperti ini kamu sudah bisa meraup Rp 336 juta. Ini dengan estimasi satu produk per hari. Uang sejumlah Rp 336 juta ini bisa digunakan untuk membeli dua buah unit apartemen studio yang dijual seharga Rp 155 juta di sebuah tower hunian vertikal Tangerang Selatan dekat exit Tol BSD-Ciputat-Pamulang.Itu baru tiga bulan. Bagaimana bila menabung selama 6 bulan? Tinggal kalikan saja perkiraan pendapatan Rp 112 juta sebanyak 6 kali. Angka yang didapatkan sebesar Rp 672 juta. Budget ini bisa membuat kamu dengan leluasa memilih rumah tapak sederhana dengan 2 kamar tidur di area kota Bandung, yakni Dago. Sebab, harga rata-rata rumah tipe 36 di Dago adalah Rp 536 juta.Mau jadi juragan tanah juga bisa. Kalo menghitung dari pendapatan satu tahun dengan perkiraan yang sama yakni 112 juta Rupiah per bulan, lalu dikalikan 12 maka hasilnya adalah sebesar Rp 1,34 miliar. Dari penghasilan tersebut, seorang selebgram bisa membeli 1 hektar tanah di Karawang dengan harga Rp 1.338.583 meter persegi atau bisa membeli 450 meter tanah di Bekasi dengan harga 215 USD (Rp 3,1 juta) per meter perseginya.Tapi harus diingat, hitungan tersebut berlaku buat selebgram yang followers-nya udah selevel Awkarin, ya…

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest