Follow Us

Mantap Jiwa! 4 Pelajar SMA Indonesia Raih Medali di Kompetisi Kimia Internasional

HAI Internship - Rabu, 01 Agustus 2018 | 15:29
Rombongan tim Indonesia dalam olimpiade kimia internasional sudah tiba di tanah air
Kompas.com

Rombongan tim Indonesia dalam olimpiade kimia internasional sudah tiba di tanah air

HAI-Online.com - Bendera Indonesia berkibar di Republik Ceko. Tepatnya, di ajang International Chemistry Olympiad/IChO 2018. Di kompetisi kimia internasional yang diadakan di Rudolfinum, Praha, Republik Ceko ini, ada empat anak SMA yang berhasil mengharumkan nama Indonesia.

Mereka adalah Ong Christoper Ivan Wijaya dari SMA Kristen YSKI Semarang yang berhasil meraih medali emas, Abdullah Muwaddam dari MAN Insan Cendekia Serpong yang meraih medali perak, Rizki Kurniawan dari SMAN 1 Kota Metro Lampung dan Muhammad Syaiful Islam dari SMA Cindera Mata Bekasi yang sama-sama berhasil meraih medali perunggu.

Dengan total 1 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu, tim Indonesia harus bersaing dengan 80 negara untuk meraih gelar. Untuk meraih gelar juara ini, para siswa sebelumnya harus melalui 4 tahapan proses seleksi dengan total waktu pelatihan, pembinaan, dan seleksi selama 10 minggu, sob. Lama juga ya.

BACA JUGA: Keren Abis! Mahasiswa ITB ini Raih Emas di Kompetisi Matematika Internasional

Mereka dilatih oleh para mentor dari Departemen Kimia FMIPA UI dan Departemen Kimia FMIPA ITB. Program pelatihannya sendiri disesuaikan dengan materi dalam silabus IChO. Luar biasanya adalah, sebagian besar materi tersebut nggak pernah diajarkan di tingkat SMA di Indonesia!

Rombongan tim olimpiade kimia Indonesia sudah kembali ke tanah air pada Rabu (30/7) kemarin. Rombongan ini disambut sama Direktur Pembinaan SMA Purwadi Sutanto, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat (BKLM) Ari Santoso, Kasubdit Peserta Didik Suharlan dan Kasi Bakat dan Prestasi Asep Sukmayadi.

Sekali lagi selamat buat tim Indonesia! Terima kasih sudah mengharumkan nama bangsa. Dan semoga nanti bisa meraih prestasi yang lebih gemilang di masa depan ya, sob.

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : Kompas.com

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest