Follow Us

Keren! Mahasiswa ITB Bikin Robot Yang Bisa Main Bola Bernama "Dagozilla"

Dewi Rachmanita - Kamis, 05 Juli 2018 | 15:05
Mahasiswa ITB Buat Robot Pesepakbola Bernama Dagozilla
itb.ac.id

Mahasiswa ITB Buat Robot Pesepakbola Bernama Dagozilla

HAI-Online.com - Pernah ngebayangin kalau sepak bola dimainan robot? Mahasiswa ITB coba merealisasikan hal itu bro. Baru-baru ini aja tim mahasiswa dari berbagai jurusan di ITB bikin tim robot yang bisa bermain sepak bola yang dinamakan "Dagozilla".

Dilansir dari situs resmi ITB, Evan Febrianto selaku ketua tim bilang nih kalau robot Dagozilla itu dibuat untuk jadi salah satu pendorong pengembangan robot humanoid di dunia. Salah satu keunggulannya dari segi otonomous dan kemampuan komunikasi antar robot.

Lebih lanjut, Evan bilang kalau ia dan kawan-kawannya bikin tiga robot yang terdiri dari dua robot penyerang dan satu robot penjaga gawang. Robot-robot itu pun bekerja secara otmatis, bro.

Saat dijalankan mereka berkomunikasi untuk menentukan perannya masing-masing. Bahkan sampai apakah robot harus menyerang, bertahan, assist, dll. yang dilihat dari ada nggaknya bola. Sebelumnya juga udah ada program yang mengatur pola serangan.

BACA JUGA: Gokil! Mainan Robot Plastik Terbesar di Dunia Telah Dibuat di Jepang

Cara kerja Dagozilla ini sendiri dengan satu komputer untuk memantau kondisi tiga robot saat di lapangan. Komputer itu berperan sebagai base station buat mengatur strategi dalam bertanding menghadapi lawan.

Pembuatannya sendiri sampai delapan bulan, yang terdiri dari proses riset desain selama lima bulan, proses manufaktur serta assemblu selama dua bulan, dan proses pengujian sekaligus simulasi selama satu bulan. Biayanya sampai sekitar Rp25 juta loh!

Just FYI, tim pembuat Dagozilla ini sempat dapat penghargaan loh sebagai tim dengan strategi terbaik pada Kontes Robot Indonesia regional II pada Mei lalu.

Nantinya, robot bakal dioptimalkan dengan beberapa fitur tambahan. Contohnya fitur mendeteksi bola tau lokalisasi robot di lapangan dan kemampuan komunikasi antar robot. Bakal dikembangkan pula signature motion sob.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest