Follow Us

Saingi Milik IBM, Komputer Terkecil Ini Hanya Berukuran Seujung Beras

Ricky Nugraha - Senin, 25 Juni 2018 | 19:30
Saingi Milik IBM, Komputer Terkecil Ini Hanya Berukuran Seujung Beras
designtaxi.com

HAI-Online.com - IBM baru-baru ini memperkenalkan 'Komputer Terkecil di Dunia" yang berukuran hanya 1mm x 1mm.

Komputer yang memiliki "beberapa ratus ribu transistor" ini mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh University of Michigan dengan ukuran 2mm x 2mm x 4mm bernama ‘Michigan Micro Mote’ pada 2014 lalu.

Institusi ini sepertinya nggak terima rekornya dikalahkan oleh IBM, lalu para teknisi mereka mengembangkan sebuah "komputer" yang lebih kecil lagi berukuran hanya seujung biji beras.

Namun hasil penemuan IBM dan universitas ini masih dipertanyakan apakah bisa disebut komputer karena data yang ada di dalamnya akan hilang ketika dimatikan.

BACA JUGA NIH: Gokil! IBM Rilis Komputer Terkecil di Dunia. Lebih Kecil dari Butiran Beras.

Dalam sebuah konverensi pers, University of Michigan mengatakan, "Sistem sebelumnya, termasuk 2x2x4mm ‘Michigan Micro Mote’, mempertahankan pemrograman dan data mereka bahkan ketika mereka nggak dinyalakan secara eksternal".

"Saat mematikan komputer desktop, seluruh data dan program akan masih akan ada saat dihidupkan kembali. Namun alat terbaru dari IBM dan Michigan ini akan kehilangan seluruh program dan datanya saat dimatikan".

Terlepas dari itu, alat ini memiliki potensi untuk berbagai kegunanaan.

Seperti contohnya di bidang kesehatan, dimana alat tersebut dapat mengukur suhu secara tepat, yang bisa digunakan di bidang onkologi.

Hmm..., makin maju aja perkembangan teknologi, yha...

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest