Follow Us

Salut! 9 Kampus Indonesia Masuk Peringkat Universitas Terbaik di Dunia

Dewi Rachmanita - Kamis, 07 Juni 2018 | 16:30
Universitas Indonesia

Universitas Indonesia

HAI-Online.com - Ada kabar baik dari dunia pendidikan Indonesia, nih. Jadi, baru-baru ini ada daftar rilis peringkat universitas terbaik di dunia dalam QS World University Rankings 2019.

Peringkat ini didasari oleh beberapa aspek, seperti reputasi akadmeik, reputasi pekerja, rasio fakultas dan mahasiswa, publikasi per fakultas, rasio fakultas internasional, dan rasio mahasiswa internasional. Nah, ada 9 universitas yang masuk.

Di urutan teratas wilayah Indonesia, Universitas Indonesia jadi juara. Kampus itu bertengger di posisi 292 dunia. Selanjutnya ada ITB yang berada di urutan 359. Disusul UGM di posisi 391.

CEK JUGA NIH: Mau Kuliah di Luar Negeri Gratis? 4 Negara Ini Bisa jadi Pilihannya!

Selain tiga kampus teratas itu, ada Unpad yang masuk peringkat 651-700. Kemudian IPB posisi 701-750, dan Unair di posisi 751-800. Sedangkan Undip, ITS, dan Unbraw bertengger dalam posisi 801-1000 dunia.

Di dunia, Massachusetts Intitute of Technology (MIT) yang jadi juara. Disusul oleh Stanford University, Harvard University, California Institue of Technology (Caltech), dan University of Oxford.

Metodologi penentuan peringkat tersebut punya bobot tersendiri dalam tiap indikatornya. Untuk reputasi akademik sebesar 40%, reputasi pekerja sebesar 10%, dan rasio fakultas dan mahasiswa sebesar 20%.

Selain itu, publikasi per fakultas dinilai sebesar 20% dan rasio internasional, baik mahasiswa atau fakultas masing-masing 5%

Buat kamu yang penasaran daftar lengkapnya, bisa langsung cek di sini nih.

Ya, semoga ke depannya makin banyak Universitas di Indonesia yang makin diakui di kancah dunia, yha....

Editor : Rian Sidik

Baca Lainnya

Latest