Follow Us

Mengenal Flourish of Approval, Tanda yang Kita Lihat di Kertas Ujian

- Senin, 28 Mei 2018 | 13:07
Tanda krul.
Creative Commons

Tanda krul.

HAI-ONLINE.COM - Dalam kertas ujian atau ulangan harian di sekolah, mungkin kamu pernah menemukan tanda seperti pita.Tanda itu biasanya diberikan pada jawaban yang benar melalui tulisan tangan bapak atau ibu guru.Sebenarnya, apa arti tanda itu? Apa bedanya dengan tanda centang?

Cek: Inilah Penyebab Olahraga Sepeda Sangat Baik Dilakukan Saat Puasa

A Flourish of ApprovalTanda yang mirip pita itu bernama a flourish of approval atau krul.Krul diperkirakan muncul pertama kali pada abad ke-19.Para ahli sejarah percaya bahwa tanda ini mewakili huruf ‘g’ yang berasal dari goed atau gezien yang berarti baik atau bagus.Hanya Ada di Belanda dan Negara yang Berhubungan DengannyaTanda ini biasanya hanya sering ditemui di negara Belanda.Negara-negara lain biasanya menggunakan tanda centang untuk memberikan penilaian di kertas ujian.

Lalu, kenapa di Indonesia juga ada yang menggunakan tanda krul?Kamu pasti sudah tahu, negara kita dulu dijajah oleh Belanda selama ratusan tahun.Banyak pengaruh budaya dan serapan kata yang berasal dari Belanda di Indonesia.Nah, begitu pula dengan tanda krul ini. Rupanya krul menjadi salah satu ‘peninggalan’ Belanda di Indonesia.Simbol ini juga ditemui di negara-negara yang berhubungan dengan Belanda lainnya, seperti Afrika Selatan, dan Suriname.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Asal-usul Tanda Krul yang Mirip Pita dalam Koreksi Ujian atau Ulangan"

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest