Follow Us

Kisah Timnas Indonesia yang Hampir Masuk Piala Dunia pada Tahun 1986

Fadli Adzani - Kamis, 17 Mei 2018 | 14:00
Pra Piala Dunia 1986
YouTube.com

Pra Piala Dunia 1986

HAI-ONLINE.COM - Hanya tinggal hitungan hari lagi, Piala Dunia 2018 akan segera berlangsung di negara Rusia. Para penggemar sepak bola di Indonesia pastinya sudah mempersiapkan banyak hal untuk menonton negara yang mereka dukung.

Ternyata, Indonesia sendiri hampir pernah masuk Piala Dunia di Meksiko pada tahun 1986, lho!

CEK JUGA: 5 Musisi Papan Atas Dunia yang Ternyata Seorang Muslim, Siapa Aja, Ya?

Emang, sih, Indonesia pernah masuk ke Piala Dunia pada tahun 1938, kala itu masih bernama Hindia Belanda, namun langsung kalah oleh Hungaria dan angkat koper balik ke Tanah Air.

Pada tahun 1985, Indonesia bahkan ikut ke grup Kualifikasi Piala Dunia dan ada dalam zona 3B AFC barengan India, Bangladesh hingga Thailand.

Bahkan, Timnas Indonesia yang kala itu dilatih oleh Sinyo Aliandoe berhasil menjuarai grup dan seringkali memetik kemenangan.

Namun, di babak kedua Zona B AFC, Indonesia dipertemukan dengan musuh yang berat, yakni Korea Selatan. Dari dua leg yang dijalani, Indonesia kalah dua-duanya, dan dari situlah, mimpi Indonesia untuk masuk ke Piala Dunia terkubur.

Kala itu, Timnas Indonesia masih dibela pemain seperti Dede Sulaiman, Sain Irmiz, Adol Kavo, Donny Latuperissa hingga Elly Idris.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest