Follow Us

4 Fakta tentang El Clasico yang Harus Diketahui Para Penggemar Sepak Bola

Fadli Adzani - Selasa, 08 Mei 2018 | 07:00
Ronaldo dan Messi
Fadli Adzani

Ronaldo dan Messi

HAI-ONLINE.COM - Di dalam sebuah kompetisi olahraga, pasti ada derby. Biasanya, derby atau rivalitas panas ini datang dari dua klub yang terletak dalam satu kota, atau bisa juga datang dari dua klub yang menjadi terjago di dalam kompetisinya

Sama seperti sepak bola, nggak cuma Liverpool vs Everton atau Manchester City vs Manchester United saja, derby antara Real Madrid dan Barcelona juga sangat seru dan hampir selalu panas.

Rivalitas ini dikenal sebagai El Clasico di La Liga Spanyol, dan menjadi salah satu rival paling sering ditonton oleh masyarakat dunia.

Berikut ini adalah 4 fakta menarik seputar rivalitas Real Madrid dan Barcelona atau yang biasa disebut dengan nama El Clasico:

1. Terbesar di Dunia

Karena memiliki sejarah yang banyak dan budaya yang juga sering masuk ke dalam sepak bolanya, El Clasico dianggap sebagai rivalitas terbesar di dunia sepak bola.

2. Penonton Terbanyak

Selain Final Liga Champions, pertandingan antara Real Madrid dan Barcelona adalah pertandingan sepak bola yang memiliki banyak sekali penonton. Menurut spainattractions.es, El Clasico bisa ditonton oleh ratusan juta orang.

3. El Clasico

Sebenarnya, nama El Clasico hanya dapat disebut ketika Real Madrid dan Barcelona bertemu di La Liga saja. Namun, seiring berkembangnya sepak bola modern, pertandingan antara Real Madrid vs Barcelona di luar La Liga juga sering disebut sebagai El Clasico

4. 1902

Rivalitas antara Real Madrid vs Barcelona bukan baru-baru ini memanas, melainkan sejak awal abad ke-19. Kedua klub ini sudah berkompetisi ketat di Spanyol sejak tahun 1902, lho!

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest