Follow Us

Nggak Nyangka, Ini Penampakan Hiu dan Buaya yang Lagi "Makan Bareng"

- Minggu, 06 Mei 2018 | 09:00
Ini Dia Penampakan Hiu dan Buaya yang lagi makan Bareng
Hai Online

Ini Dia Penampakan Hiu dan Buaya yang lagi makan Bareng

HAI-Online.com - Pernah bayangin hiu dan buaya kalo ketemu akur? Itu bukan khalayan, guys! Empat hiu macan dan seekor buaya air asin ketemu dan "makan bareng" bangkai paus. Fenomena itu terjadi di lepas pantai Australia.

Kejadian itu terekam kamera drone seorang anggota kru kapal operator tur Australia pada September 2017 silam. Jeremy Tucker, nama kru tersebut, upload video itu ke media sosial. Lewat postingan ini, Tucker ketemu dengan Austin Gallagher, ahli hiu sekaligus kepala ilmuwan di organisasi konservasi Beneath the Waves.

Gallagher jadi tertarik ngamatin kedua predator besar itu. Dalam laporannya di Journal of Ethology, dia gambarin peristiwa itu sebagai catatan pertama yang terdokumentasi tentang predator hiu dan buaya air asin yang sama-sama mencari makanan.

Peristiwa "pesta" bersama ini juga berguna buat para ilmuwan. Itu karena rekaman ini memfasilitasi interaksi antar-spesies yang jarang teramati. "Memakan bangkai adalah komponen penting bagi ekologi keseluruhan spesies hampir di semua ekosistem," ungkap para penulis dikutip dari Newsweek, Jumat (27/04).

BACA JUGA: Inilah 7 Organ Tubuh Orang Penting Yang Dipamerkan Di Museum. Ada Irisan Otaknya Einstein!

"Mengingat adanya manfaat energetik dari cara mencari makan seperti ini, predator oportunistik akan menyesuaikan perilakunya sesuai untuk memaksimalkan akses. Kami melaporkan dan mendiskusikan perilaku dari hiu dan buaya dengan harapan adanya pengetahun baru tentang interaksi antara para predator yang jarang terlihat bersama meski mungkin akan saling melengkapi dalam konteks lebih spesifik," imbuhnya.

Persoalan lainnya, nggak banyak ilmuwan juga yang tahu kalo buaya air asin juga memakan bangkai. Sedangkan hiu macan emang tergantung banget sama bangkai. Menariknya, ketika dua hewan ini ketemu mereka nggak saling bertengkar. Sayangnya, para peneliti belum tahu kenapa dua hewan ini saling menjauhi ketika selesai makan bangkai paus itu.

Selain itu, hiu macan dalam rekaman tersebut kayak lagi "mati suri" saat makan. Ini bisa jadi tanda kalo mereka nyari makan selama beberapa waktu dan kemungkinan besar lagi kecapekkan.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest