Follow Us

Wih! Sekarang Sertifikat Hasil UN Pakai Penanda Digital

Rian Sidik - Jumat, 11 Mei 2018 | 10:15
Ujian Nasional Berbasis Komputer
Hai Online

Ujian Nasional Berbasis Komputer

HAI-Online.com - Mana nih suaranya yang tahun ini ikut Ujian Nasional (UN)? Lo tahu nggak nih ternyata ada yang baru loh di Sertifikat Hasil Ujian Nasional (SHUN) tahun ini? Yap, kali ini bakal ada penanda digital di SHUN.

Mulai tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengganti Surat Keterangan Lulus Ujian Nasional dengan SHUN bro. Selain itu, SHUN ini nggak butuh lagi cap tanda tangan basah. Kali ini SHUN bakal menggunakan 'barcode' atau kode batang sebagai tanda digital (digital signature). Barcode tersebut bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan melacak keaslian yang sudah terdata dalam sistem milik Kemendikbud. Selain itu, tiap barcode juga bisa dipindai di laman milik Kemendikbud di http://shun.puspendik.kemdikbud.go.id

SHUN (Foto: Kemendikbud)
Kenapa sih sampai ada perubahan dari tanda tangan ke sistem barcode ini? Ternyata ini semua dilakukan untuk meminimalisir pemalsuan hasil UN sob. Sistem barcode yang digunakan itu dianggap sulit dimanipulasi karena terekam dalam sistem terpusat yang dapat dilacak dan dicek siapa pun.

Nggak cuma itu, SHUN juga bisa dilihat secara online dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Di bagian tengah sertifikat pun ada daftar mata pelajaran yang diujikan dan hasil UN yang diperoleh. Pelaksanaan UN yang berbasis komputer atau manual dengan kertas dan pensil juga nggak lupa turut dicantumkan. SHUN ini pun sudah dianggap Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) sah buat daftar kerja atau perguruan tinggi meskipun nggak butuh lagi tanda tangan basah siswa.

Artikel ini pertama kali tayang di https://edukasi.kompas.com/read/2018/05/02/08280451/serfitikat-hasil-un-kini-gunakan-penanda-digital

Editor : Hai Online

Latest