Follow Us

3 Kebiasaan Nggak Sehat yang Harusnya Kamu Hindari

Alvin Bahar - Kamis, 03 Mei 2018 | 06:15
Junk Food Mematikan
Alvin Bahar

Junk Food Mematikan

HAI-ONLINE.COM - Dari 125 remaja SMA yang HAI tanya-tanya soal gaya hidup sehat, akhirnya terangkumlah 3 kebiasaan nggak sehat yang akrab banget di kehidupan mereka. Yap! Bisa lo lihat sendiri pada artikel ini, tidur larut malam alias begadang jadi salah satu kebiasaan yang paling nggak bisa dihindari. Buktinya, angka surveinya menduduki peringkat tertinggi. Selain itu, ada juga sembilan kebiasaan lain yang nggak kalah bikin kita rugi. Ini dia, 3 kebiasaan nggak sehat yang perlu kita hindari.

Cek: Tips Jaga Kesehatan Di Saat Musim Hujan dari Tatjana Saphira

1. Banyak Begadang (77.6%)

Menurut National Sleep Foundation (NSF), rentang usia remaja kayak kita harusnya bisa tidur selama 8-10 jam dalam satu hari. Nggak boleh kurang, nggak boleh kelebihan. Pasalnya, hormon pertumbuhan yang masih diproduksi oleh tubuh kita, dikeluarkan pada saat kita tidur. Jadi kalo kurang tidur, pertumbuhan kita bisa terhambat. “Bukan cuma tinggi aja, sel otak juga. Karena semua proses regenerasi sel berlangsung saat tidur,” ujar dokter Diana F. Suganda, M.Kes, SpGK, yang jadi narasumber HAI kali ini.

Selain menghambat pertumbuhan, penampilan wajah kita juga bisa kuyu dan lusuh, lho. Nggak cerah, apalagi ceria. Jadinya, nggak bisa menarik minat gebetan buat ngelirik, deh! Oh, iya, kalo keseringan kurang tidur, dalam waktu panjang, kita bisa kena risiko penyakit jantung koroner juga. Hindari, deh, kebiasaan nggak sehat ini.

2. Makan Junk Food (46.4%)

Sebenernya, junk food juga punya sisi sehat, kok. Soalnya makanan ini punya kandungan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, macam protein dan lemak. Hanya saja, jumlah gizi yang masuk sangat kecil, lantaran udah rusak waktu proses pembuatannya.

Nah, kalo keseringan makan junk food yang punya kandungan lemak jenuh tinggi, kita bisa kena macam-macam penyakit yang berbahaya tuh. Lemak jenuh yang terakumulasi, bisa menyumbat pembuluh darah dan bikin gangguan di mana-mana. Dari jantung sampai mata, semua bisa ikut diserang. Dan kalo kita udah biasa mengkonsumsi junk food dari dulu kecil sampe sekarang, bisa-bisa di usia 20-an atau 30-an nanti, kita udah dideketin tuh, sama penyakit yang aneh-aneh. Pun bisa kena obesitas atau gemuk berlebihan. Nggak mau, kan?

3. Jarang Olahraga (45.6%)

Kalo makanan udah dijaga banget gizinya, tapi kita jarang olahraga, wah ini sih sama aja nggak sehatnya. Menurut dokter Diana, tubuh kita itu pada umumnya membutuhkan aktivitas fisik, minimal 3 kali seminggu. Cukup dengan jalan kaki 30 menit pun nggak masalah. Dan dengan teratur berolahraga, tubuh kita dengan sendirinya bisa meningkatkan proses metabolisme. Sehingga, baik untuk kesehatan.

Tapi gimana kalo nggak olahraga? Ya tulang kita bisa lemah, sendi-sendi jadi kaku dan nggak terlatih bergerak, badan jadi nggak bugar, penampilan nggak oke, dan lebih gampang sakit juga.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular