Follow Us

Salut! Mahasiswa Undip Bawa Pulang Double Gold Medals dari Kompetisi Inovasi Teknologi di Moscow

- Selasa, 17 April 2018 | 08:45
Mahasiswa Asal Undip dapat Double Gold Medals di Kompetisi Internasional (Foto: Undip.ac.id)
Hai Online

Mahasiswa Asal Undip dapat Double Gold Medals di Kompetisi Internasional (Foto: Undip.ac.id)

HAI-Online.com - Mahasiswa asal Universitas Diponogoro (Undip) baru aja menoreh prestasi internasional nih. Melalui rancangan Artificial Tree, mereka berhasil sabet double gold medals dalam 21st Moscow International Inventions and Innovative Technology Salon "Archimedes" 2018.

Dalam acara yang digelar di Sokolniki Exhibition and Convention Centre pada 5-8 April lalu, mahasiswa Undip berhasil menciptakan rancangan Artificial Tree bernama ATOMP (Artificial Transparant Tree of Membrane Photocatalyst). Dilansir dari situs resmi Undip, rancangan mereka tersebut bekerja dengan menyerap udara dari atmosfer. Setelah itu menyaringnya dengan membran dalam selang udara. Membran itu nantinya bakal menyaring gas karbon dioksida (CO2) dengan gas-gas lain yang masuk.

Nggak berhenti di situ, gas karbon dioksida akan dikonversi dengan teknologi plasma jadi gas oksigen (O2) yang dilepas ke luar dengan sistem dan gas karbon monoksida (CO) yang disimpan dan diubah jadi bahan bakar alternatif.

Tim ATOMP sendiri beranggotakan lima orang bro, yaitu Christian M.T. Sinaga, Eko Wahyu Saputro, Aurelia Teresa Senduk, Beti Safitri, dan Eti Kusuma Ramadhani. Mereka bertanding dalam ajang internasional tahunan yang memang berisi kompetisi dan pameran riset serta teknologi. Dalam kompetisi Moscow International Inventions and Innovative Technology Salon "Archimedes" tersebut, tim dari Undip berhasil mengalahkan perwakilan 26 negara lain, seperti Thailand, Kazakhstan, Portugal, Arab Saudi, India, Malaysia, Korea Selata, Taiwan, dan 55 Regions dari Federasi Rusia.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest