Follow Us

Insinyur Jepang Ini Membuat Gundam Versi Dunia Nyata. Keren Abis!

Rizki Ramadan - Senin, 16 April 2018 | 03:30
Gundam di dunia nyata
Rizki Ramadan

Gundam di dunia nyata

HAI-online.com - Siapa yang tau serial anime Mobile Suit Gundam? Kalau nggak tau, artinya lo harus berhenti bertapa dan keluar dari goa persembunyian lo saat ini, karena perang dunia satu udah lewat. Karena bisa dibilang, hampir semua orang di seluruh dunia tau robot Gundam meskipun nggak nonton serial animenya.

Masih ngomongin Gundam, kebayang nggak sih, robot yang sebesar harapan kita ke doi, eh maksudnya sebesar gedung, ada di dunia nyata dan bisa bergerak?

Nggak usah dibayangin, karena robot seperti Gundam itu berhasil diciptakan oleh seorang insinyur asal Jepang bernama Maasaki Nagumo.

Alasan utama Maasaki membuat robot ini nggak lain karena sejak kecil ia gemar menonton serial anime Gundam dan bercita-cita ingin memilki, menaiki dan mengendalikan robotnya sendiri. Sampai pada akhirnya, cita-citanya semasa kecil itu tercapai di umurnya yang ke-44. Maasaki berhasil membuat sekaligus mengembangkan robot berkaki dua yang dinamai LW-Mononofu.

BACA JUGA: Siap-siap Kaget, Inilah Data-data Pribadi Yang Tanpa Kita Sadari Disimpan Oleh Google

Ukuran robot besutannya ini pun nggak main-main. LW-Mononfu ini memiliki tinggi mencapai 8,5 meter dan beratnya lebih dari 7 ton, sob. Robot ini pun dilengkapi dengan kokpit atau ruang kendali yang lengkap dengan monitor dan tuas yang dapat digunakan oleh pilotnya untuk mengendalikan jari-jari dan tubuh bagian atas serta kaki. Mirip banget sama Gundam di anime kan?

Selain itu, yang bikin robot itu keren adalah LW-mononofu bisa berjalan maju dan mundur pada kecepatan satu kilometer per jam, memutar bagian atas dan menembakan bola spons dari pistol anginnya dengan kecepatan 140km/jam. Gokil!

Ternyata, ini bukan robot pertama yang Maasaki buat loh. Maasaki mengembangkan robot rakasasa ini di bawah perusahaan tempat ia bekerja, yaitu Sakakibara-Kikai. Perusahaan yang membuat mesin pertanian. Meskipun begitu, perusahaan ini sudah bikin berbagai macam robot dan sebagain robot itu ada yang disewakan ke acara ulang tahun.

Sampai saat ini, perusahaan tempat Maasaki bekerja, sudah memiliki 10 robot aktif. Namun, hanya LW-Mononofu lah satu-satunya robot humanoid yang dapat melakukan gerakan-gerakan rumit.

Kalau lo mau ada LW-Mononofu ini ada di acara ulang tahun lo, seenggaknya lo harus siap membayar uang sewa sebesar Rp 12,7 juta per jam.

Source : bobo.id

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest