Follow Us

Atta Halilintar: Kisah Perjuangan Milyarder yang Jadi YouTuber

- Jumat, 30 Maret 2018 | 12:00
Bagaimana Cara Atta Halilintar jadi Milyarder?
Hai Online

Bagaimana Cara Atta Halilintar jadi Milyarder?

HAI-Online.com - Cowok kelahiran Dumai, 20 November 1994 ini adalah anak sulung dari Gen Halilintar. Atta yang awalnya cuma iseng-iseng bikin vlog aktivitas Gen Halilintar, akhirnya bikin channel YouTube sendiri, attahalilintar.

Cowok berdarah Minangkabau itu bikin konten yang beragam di channe l YouTube-nya. Mulai dari daily life, rap, prank, Q & A, gaming, dan macem-macem, deh. Yap, Atta emang salah satu YouTuber dengan jumlah subscriber yang udah menyentuh jutaan di Indonesia. Sampai artikel ini ditulis, subscriber Atta udah mencapai 2,4 juta!

Cowok yang lagi rajin promoin brand miliknya bernama Ahha ini punya konten yang terbilang ringan dan menghibur. Cocok ditonton anak-anak usia SD sampai SMP. Para kids zaman now, adik-adik kita yang masih SD dan SMP udah melek banget sama yang namanya internet bisa dibilang adalah bagian dari fans Atta yang tergabung dalam #ATeam.

Salah satu yang terkenal yaitu nge-prank cewek cakep di carwash kenalan Atta. Video social experiment ala Atta itu udah ditonton sekitar 5,7 juta viewers. Kalo dihitung kasarannya, nih, pendapatan dari satu video aja udah gede, lho.

Sederhananya, seperti yang juga udah dijelasin di artikel sebelumnya, ada tiga jenis iklan yang muncul yang bisa jadi sumber income. Iklan yang muncul sebelum video, yang disebut “In- Stream Ads”, di pojok kanan atas browser yang disebut “Display Ads”, dan yang ada di bawah video, “Overlay Ads”. YouTube dan YouTuber dapat uang setiap ada yang melihat iklan- iklan dalam video itu.

Sistem yang digunakan buat ngitung jumlah pemasukan dari iklan ini adalah CPM, atau Cost Per Mille. Artinya, nilai iklannya bakal dibayar per 1.000 view video itu. Artinya 1 dollar AS CPM nunjukin pengiklan bakal bayar 1 dollar AS buat setiap 1.000 view iklan itu di video kita.

Kalo dihitung-hitung, video Atta nge-prank cewek matre di carwash itu udah mencapai 5,7 viewers. Dikali 13.700 rupiah dengan sistem CPM, pendapatan video itu mencapai sekitar 78,5 juta rupiah! Hasil itu juga bakal dibagi oleh pihak YouTube, 45 % buat YouTube dan 55 % buat Atta. Berarti doi bakalan dapet sekitar 48 juta.

Itu baru satu video prank-nya. Belum banyak daily vlog yang doi bikin. Rata-rata daily vlog atau Q & A yang doi bikin udah punya viewers sekitar 2,7 juta. Satu daily vlog yang Atta bikin aja itu udah sampai pendapatan 37 juta rupiah. Sedangkan video yang udah dia bikin ada 233 video. Jadi total berapa, tuh? Hehehe...

Jumlah video 233 dikali sekitar 37 juta rupiah, deh. Udah berapa hayoo? Bisa dapat 8,4 miliar. Dibagi sama pihak YouTube, pendapatan bersih yang doi bakalan didapat sekira 4,5 miliar! Hehehe, bisnis ternak lele bisa kalah dalam sehari, nih, penghasilannya.

Itu baru penghasilan dari konten YouTube-nya. Belum penghasilan dari "Celebrity Jobs" buat diendorse brand-brand tertentu. Bakalan bisa berkali-kali lipat. Padahal, sebelum jadi YouTuber, Atta udah tajir melintir, lho. Buktinya di umur 13 tahun, usaha konter handphone yang dirintisnya, ngehasilin omset hingga 1,3 miliar! Berawal dari bisnis voucher, jual handphone merk China, jualan t-shirt, doi emang punya bakat dagang yang luar biasa.

Eits, sekali lagi, itu hanya sekedar rumus yang jangan pernah jadi patokan kalo kalian niat jadi YouTuber. Bukannya mau gaya-gayaan, nih. Tapi, jangan cuma mau liat jumlah duitnya, tapi liat prosesnya! Eits, tapi hitung-hitungan diatas cuma estimasi perkiraan, yha, belum tentu angkanya tepat.

Halaman Selanjutnya

1 2

Editor : Hai Online

Latest